Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aksi Heroik Panjat Tiang Bendera, dari Siswa SMP hingga Anggota TNI

Kompas.com - 18/08/2018, 09:08 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Yohanes Gama Marchal Lau memang masih kelas 1 SMP, namun keberaniannya memanjat tiang bendera dan membereskan masalah tali bendera saat upacara tengah berlangsung patut diacungi jempol.

Tahun lalu, aksi serupa juga pernah dilakukan oleh seorang anggota TNI di Rembang. Serda Suryono dengan sigap memanjat tiang bendera dan membetulkan tali pengait bendera yang terlepas saat peringatan HUT Kemerdekaan Ke-72 RI.

Berikut sejumlah aksi penuh keberanian saat upacara bendera berlangsung di Indonesia:

 

1. Yohanes Gama Marchal Lau selamatkan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-73

Video yang memperlihatkan aksi Yohanes saat memanjat tiang demi kelancaran upacara kemerdekaan di perbatasan RI-Timor Leste. Video itu viral di media sosial.ISTIMEWA Video yang memperlihatkan aksi Yohanes saat memanjat tiang demi kelancaran upacara kemerdekaan di perbatasan RI-Timor Leste. Video itu viral di media sosial.

Aksi Yohanes Gama Marschal Lau alias Joni saat memanjat tiang bendera sempat terekam video. Video berdurasi 1 menit 59 detik tersebut segera menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut Joni dengan tangkas memanjat tiang bendera setelah mengetahui tali pengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang.

Tampak Joni sempat kelelahan saat dirinya berada di tengah tiang. Terdengar teriakan dari peserta upacara untuk meminta Joni turun. Namun, Joni ternyata tetap terus memanjat ke atas.

Setelah berhasil membawa turun pengait, sorak sorai dan tepuk tangan langsung pecah. Upacara pun dapat segera dilanjutkan kembali hingga tuntas. 

Baca selengkapnya: Kisah Heroik Pelajar SMP di Perbatasan RI-Timor Leste yang Panjat Tiang Bendera

 
 

 

2. Serma Timbul Prawoto di Klaten pun selamatkan tali bendera yang lepas

Petugas pengibar bendera menaikan sang merah putih,  dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Pantai Onggojoyo,  Kecamatan Wedung,  Kabupaten Demak,  Jateng,  Jumat (17/8/2018)Dokumentasi Heru Rahwiyanto Wakil Kepala SMP Negeri 3 Wedung, Kabupaten Demak, Jateng Petugas pengibar bendera menaikan sang merah putih, dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Pantai Onggojoyo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jateng, Jumat (17/8/2018)

Serma Timbul Prawoto (40), anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20 Cawas, Kodim 0723/Klaten, juga melakukan aksi heroik mirip Yohanes Gama Marschal Lau di Belu, NTT.

Dia juga memanjat tiang bendera untuk mengambil tali bendera yang tersangkut saat upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 di Lapangan Barepan, Cawas, Klaten, Jumat (17/8/2018).

Aksi tersebut juga terekam video dan menjadi viral di media sosial. Setelah itu, Serma Timbul mengatakan tindakannya tersebut berdasara insting keprajuritan yang dia miliki.

"Naluri saya sebagai seorang prajurit harus tanggap dan cekatan untuk memuluskan kejadian tadi (tali bendera lepas)," kata Serma Timbul kepada Kompas.com.

Saat itu, Serma Timbul bertugas menjadi perwira upacara tak jauh dari tiang bendera.

Baca Juga: Cerita Serma Timbul Panjat Tiang Bendera Saat Upacara yang Viral di Medsos

 

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com