Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Karhutla Riau Laksanakan Upacara HUT RI ke-73 di Lokasi Sisa Kebakaran

Kompas.com - 18/08/2018, 08:01 WIB
Citra Indriani,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dari Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru, melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke- 73 di kawasan lahan yang sempat terbakar di desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (17/8/2018).

Upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ini dilaksanakan oleh 5 orang personel Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru, yang saat itu masih melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan seluas 20 Hektar yang terjadi sejak Sabtu (10/8/2018).

Kepala Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra, mengatakan upacara peringatan hari kemerdekaan RI dilakukan anggota Manggala Agni yang sedang melaksanakan operasi pemadaman karhutla di Desa Karya Indah Kabupaten Kampar.

Baca juga: 4 Helikopter Water Bombing Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

Menurut dia, petugas yang tergabung dalam tim Satgas Karhutla Riau diturunkan untuk memadamkan api di lahan gambut yang terbakar. 

"Upacara yang dilaksanakan di lapangan ini merupakan bentuk penghormatan kami terhadap pengorbanan para pahlawan yg berjuang untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, juga menjadi penambah semangat dan memupuk jiwa nasionalisme seluruh anggota yang berjuang memadamkan api di lokasi kebakaran," ucap Edwin.

Di desa Karya Indah ini, luas lahan yang terbakar mencapai 20 hektar. Operasi pemadaman sudah memasuki hari ketujuh dengan kondisi terakhir api berhasil dipadamkan tuntas.

Sebelumnya, kebakaran yang terjadi di lokasi ini cukup parah, karrna kobaran api dengan mudah meluas dipengaruhi tiupan angin yang kencang. Selain itu, tanah yang bergambut dengan kedalaman mencapai 2 meter cukup menyulitkan petugas untuk memadamkan api. 

Baca juga: 10 Hal dari Perubahan Iklim Ini Memperburuk Kasus Kebakaran Hutan

Selain personel dari Manggala Agni Daops Pekanbaru, tim Satgas dari personel TNI, Polri, serta Masyarakat Peduli Api (MPA) ikut membatu pemadaman serta menurunkan satu helikopter Water Bombing untuk pemadaman melalui udara.

Setelah api berhasil dipadamkan, sejumlah personel tetap disiagakan untuk melakukan pendinginan supaya lahan gambut yang terbakar tidak mengeluarkan asap, dan saat ini titik api serta asap telah berhasil dipandamkan oleh tim satgas gabungan, Ungkap Edwin.

Saat ini petugas kepolisian telah memasang garis polisi dan melakukan penyegelan di lahan seluas 20 hektar yang terbakar di desa Karya Indah, untuk dilakukan proses penyelidikan penyebab kebakaran pada lahan yang terbakar, tutup Edwin.

Kompas TV Kebakaran hutan melanda Provinsi British Columbia, Kanada, Jumat (17/8).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com