Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Kemerdekaan, Puluhan Kapal Nelayan Upacara di Laut

Kompas.com - 17/08/2018, 12:46 WIB
Defriatno Neke,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BAUBAU, KOMPAS.com – Memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 73, puluhan kapal nelayan di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara melaksanakan upacara di atas laut perairan Kota Baubau.

Upacara yang diikuti para nelayan ini dipimpin langsung dari kapal patroli polisi KM Enggano 5015 dari Mabes Polri yang dikomandoi AKP Andy Kusuma Jaya.

“Hari ini adalah hari kemerdekaan kita yang ke-73, kami Polri melalui polisi perairan melaksanakan dan mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan upacara hari kemerdekaan di perairan kota baubau,” kata AKP Andy Kusuma Jaya, seusai melaksanakan upacara diatas kapal, Jumat (17/8/2018). 

Terlihat puluhan kapal saling berjejeran menghadap ke Kapal Patroli Polisi KM Enggano 5015 sebagai tempat inspektur upacara.

Baca juga: Mengingat Peristiwa Rengasdengklok: Bendera Jepang Diturunkan, Merah Putih Dikibarkan (1)

Komandan upacara juga berdiri diantara kapal nelayan dan kapal patroli polisi dengan menggunakan perahu karet.

Panasnya terik matahari tidak dihiraukan oleh para nelayan terlihat berdiri tegap diatas kapal saat upacara kemerdekaan sedang berlangsung.

Bendera merah putih dikibarkan dari atas kapal patroli polisi perairan Enggano 5015 oleh tiga orang anggota pengiring bendera.

Andy mengatakan, upacara dilaksanakan di laut sebagai bentuk komitmen polisi perairan dalam mengamankan dan mendukung program poros maritim.

“Karena salah satu program Nawacita adalah mensukseskan Indonesia sebagai poros maritim sehingga polri siap mendukung melalui polisi perairan,” ujarnya.

Baca juga: Bendera Merah Putih Berkibar di Dalam Air Umbul Ponggok Klaten

Seorang nelayan, Kadir, mengaku sangat senang mengikuti upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia, karena selama ini, para nelayan tidak pernah mengikuti upacara.

“Saya sangat senang sekali. Karena selama ini kami langsung pergi mencari di laut, tapi hari ini tidak. Sudah lama tidak pernah ikut upacara lagi,” ucap Kadir. 

Kompas TV Ribuan warga Suku Tengger menancapkan ribuan bendera merah putih di area lautan pasir Gunung Bromo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com