Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Deklarasi #2019GantiPresiden, Sekelompok Mahasiswa Aksi Jalan Mundur

Kompas.com - 16/08/2018, 15:17 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekitar seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Pejuang Demokrasi (FMPD) melakukan aksi jalan mundur di depan Gedung Sate dan depan Markas Polda Jabar, Kamis (16/8/2018).

Jalan mundur dilakukan sebagai simbol kemunduran demokrasi di Indonesia yang diindikasikan dengan merebaknya konflik horizontal akibat gerakan #2019GantiPresiden.

Forum mahasiswa ini juga memprotes keras aksi pemukulan terhadap aktivis mahasiswa di Makassar saat menyampaikan aspirasi.

Koordinator Aksi, Dohir mengatakan, pihaknya mendesak aparat menolak izin deklarasi #2019 Ganti Presiden karena sarat akan pesan provokatif yang menciptakan konflik horizontal di tengah masyarakat.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Bentrokan Ormas dan Mahasiswa Papua di Surabaya

"Kami mengecam tindakan pemukulan yang dilakukan kelompok deklarasi #2019GantiPersiden di Makassar terhadap aktivis PMII," tegas Dohir di sela aksinya, Kamis (16/8/2018).

Dohir menilai, gerakan #2019GantiPresiden ditunggangi kelompok tertentu.

"Kami mendesak aparat negara untuk memerangi gerakan yang ditunggangi kelompok tertentu dalam gerakan deklarasi #2019 ganti presiden," tegasnya.

FMPD menilai deklarasi ganti presiden itu hanya merontokkan nilai-nilai demokrasi, pembodohan, dan provokasi. "Jangan bodohi masyarakat. Jangan bodohi masyarakat dengan kepentingan politik tertentu," ucapnya.

Kompas TV Tujuan penggalangan kekuatan untuk terbentuknya koalisi keumatan agar pada 2019 ganti presiden.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com