Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Berukuran Besar Berkibar di Tebing Tertinggi Jawa Timur

Kompas.com - 16/08/2018, 08:29 WIB
Slamet Widodo,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Bendera merah putih berukuran besar dikibarkan di tebing tertinggi di Jawa Timur yakni Gunung Sepikul, Kabupaten Trenggalek, Rabu (16/8/2018).

Bendera dikibarkan di tebing bebatuan di ketinggian 300-400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Hari ini kami mengajak seluruh perwakilan elemen masyarakat serta komunitas untuk mengikuti pengibaran bendera merah putih di tebing Sepikul ini,” ujar Wakil Bupati Trenggalek Muchammad Nur Arifin, seusai prosesi pengibaran di lokasi.

Dalam rangka memeringati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) yang ke-73, sejumlah komunitas pemanjat tebing serta organisasi kepemudaan dari berbagai daerah di jawa timur, menggelar pengibaran bendera merah putih berukuran besar.

Baca juga: Penjelasan Soekarwo Terkait Isu Loncat ke Nasdem dan Dipanggil SBY

 

Pengibaran bendera sepanjang 30 meter serta lebar 20 meter ini, dilaksanakan di tebing Gunung Sepikul yang berada di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

“Kali ini bendera yang dikibarkan, berukuran 30 meter kali 20 meter,” ungkap Muhammad Rosyid anggota Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Secara perlahan, dari kejauhan terlihat bendera merah putih bergerak naik menyusuri tebing Gunung Sepikul.

Seiring naiknya bendera merah putih di tebing ini, seluruh peserta upacara melakukan hormat bendera sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hingga akhirnya, bendera merah putih dengan sempurna berkibar di tebing yang diklaim tertinggi di Jawa Timur ini.

“Tebing ini merupakan yang tertinggi di Jawa Timur,” ujar Muhammad Rosyid.

Konon, selain tertinggi di Jawa Timur, tebing ini yang memiliki bebatuan terbaik.

Tidak heran, jika akhirnya tebing sepikul yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini menjadi idola bagi pecinta panjat tebing serta wisatawan minat bakat khusus dari berbagai daerah.

“Memanjat di sini (Gunung Sepikul) menyenangkan, karena struktur bebatuannya sangat bagus dan memang benar-benar kuat,” jelas Muhammad Rosyid.

Petugas Pengibar Bendera

Sebanyak 8 pemanjat tebing profesional menjadi petugas pengibar bendera. Terdiri dari tujuh pemanjat dari komunitas pajat tebing dari berbagai wilayah di Jawa Timur, serta satu orang pemanjat dari Basarnas Pos SAR Trenggalek.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com