Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Feri KMP Bandeng dari Tobelo Tujuan Bitung Dikabarkan Tenggelam

Kompas.com - 15/08/2018, 18:50 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Kapal Feri KMP Bandeng yang berangkat dari Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, menuju Bitung, Sulawesi Utara, dikabarkan tenggelam di perairan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (15/8/2018) pukul 17.20 WIT.

“Kami dapatkan informasi awalnya pada hari Selasa (14/8/2018) sekitar pukul 15.30 WIT dari Kepala ADSP Ternate Pak Wisnu bahwa KMP Feri Bandeng Bertolak dari Tobelo menuju Bitung pukul 22.20 WIT,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Ternate, Muhammad Arafah.

Pada hari Rabu (15/8/2018) sekitar pukul 15.32 WIT, Dan Pos SAR Tobelo menerima telepon dari penumpang atas nama Erwin Mahasari bahwa KMP Feri Bandeng dihantam ombak hingga tenggelam di sekitar perairan Loloda.

“Dalam perjalanan ke lokasi kemudian sekitar pukul 17.20 WIT, Dan Pos SAR Tobelo menerima info dari salah satu keluarga korban yang sempat menghubungi salah satu penumpang KMP Bandeng bahwa KMP Bandeng sudah tenggelam, dan seluruh korban sementara dievakuasi mandiri dengan menggunakan 4 sekoci sekitar 40 Nm arah Barat Daya Pulau Dama, Loloda Kepulauan, Kabupaten Halmahera Utara,” kata M Arafah.

Kapal itu, katanya, membawa 42 orang yang terdiri dari 24 penumpang dan 18 ABK ditambah 12 kendaraan roda empat, terdiri dari 8 mobil truk sedang dan 4 truk besar.

Baca juga: Empat Kapal Terbakar di Pati, 14 unit Damkar Diterjunkan

Saat ini, kapal milik Basarnas KN Pandudewanata ditambah satu kapal lain dari Tobelo bernama KM Kamaru sedang menuju ke lokasi.

“Saat ini kami sementara putus kontak dengan penumpang,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala ASDP Tenate Wisnu Tjahjono ketika dihubungi Kompas.com mengatakan, mereka sempat hilang kontak dengan KMP Bandeng sekitar pukul 11.00 WIT tadi. Setelah itu belum ada kabar perkembangan sampai saat ini.

“Belum tahu apakah tenggelam atau berlindung di pulau-pulau, Basarnas lagi menuju ke lokasi. Tapi tadi sekitar jam 11 kami hilang kontak dan setelah itu belum ada kontak lagi dengan kami,” kata Wisnu.

Baca juga: Kapal Pengangkut Turis Asing Terbakar di Kawasan Taman Nasional Komodo

Wisnu menambahkan, saat ini ASDP Ternate juga mengerahkan satu kapal feri mereka bernama KMP Ngafi untuk menyusuri jejak KMP Bandeng.

“KMP Ngafi ini dari Bitung tujuan ke Tobelo, sekalian menyusuri jejak KMP Bandeng,” ujarnya.

Kompas TV Ke-13 anak buah kapal berhasil bertahan berada di Kapal Bunga Hati Dua yang terbalik di Laut Jawa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com