Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Bocah Tewas dalam Kebakaran Lahan di Melawi

Kompas.com - 14/08/2018, 08:47 WIB
Farid Assifa

Editor

MELAWI, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia tujuh tahun tewas dalam kebakaran lahan di Kalimantan Barat, Minggu (12/8/2018).

Korban bernama Vito, warga Desa Nanga Tikan, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Kebakaran tersebut terjadi tak jauh dari tempat tinggal korban.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Syfaruddin dikutip Antaranews menjelaskan, saat kebakaran lahan terjadi, korban bersama kakaknya, Rio (12) dan orangtuanya, Adong (65) sedang berada di pondok kebun.

Sekitar pukul 10.00 WIB, api yang sedang membakar lahan sebelah pondok tiba-tiba menyambar dan membakar pondok dengan cepat.

Akibatnya, Adong, Rio dan Vito menjadi korban dalam kebakaran tersebut. Adong dan Rio kritis dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Citra Husada (RSCH) Nanga Pinoh. Sementara Vito meninggal dunia karena menderita luka bakar cukup parah.

Baca juga: 4 Helikopter Water Bombing Lakukan Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau

Kadat, salah seorang keluarga korban yang ikut menunggu di RSCH mengungkapkan, kejadian ini diketahuinya setelah adik ipar yang berada di kampung memberitahu adanya keluarga yang menjadi korban kebakaran lahan.

"Kebakarannya pas hari Minggu yang kami ketahui. Sementara jamnya kami tidak tahu. Soal kejadiannya seperti apa, kami juga tidak tahu karena tidak berada di sana," katanya.

Kapoleres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, Senin (13/8/2018), mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan jajarannya baik di tingkat Polres Melawi maupun Polsek Belimbing untuk memeriksa dan mengumpulkan barang bukti serta informasi di lapangan.

"Tadi malam anggota sudah turun langsung mengecek ke TKP. Hanya sampai sekarang kita masih menunggu laporan lengkap," katanya.

Baca juga: Panglima TNI Instruksikan Anggotanya Tidur di Hutan Selama Kebakaran Lahan

Saat ini, lanjut Fadlin, kronologi lengkap terkait kejadian karhutla yang menyambar pondok petani di Desa nanga Tikan, Kecamatan Belimbing Hulu, belum bisa dipaparkan.

Hal ini karena orban kebakaran masih dalam perawatan sehingga tidak bisa dimintai keterangan.

Kompas TV Tim Puslabfor Polda Bali akan tiba di labuan bajo hari ini, Sabtu (4/8) dan Minggu besok akan melakukan olah TKP.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com