Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rein Vidya, Remaja 15 Tahun yang Lolos Kedokteran Unpad

Kompas.com - 09/08/2018, 08:16 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Usia muda justru menjadi keunikan tersendiri bagi seseorang untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Instansi perguruan tinggi juga patut diapresiasi karena mau menerima mahasiswa dengan umur di bawah rata-rata.

Jika pada umumnya seseorang masuk perguruan tinggi pada usia 18 tahun, maka tidak dengan Rein Vidya Banafsha.

Di usianya yang masih menginjak 15 tahun, dia sudah menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) di tahun akademik 2018/2019.

Perempuan kelahiran 3 Oktober 2002 ini bahkan lolos lewat seleksi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dia menjadi mahasiswa termuda diantara rekan seangkatannya.

Baca juga: Besaran Uang Kuliah Fakultas Teknik di UI, Unpad, Undip, dan UGM

Dikutip dari laman resmi Unpad, remaja asal Tasikmalaya, Jawa Barat, ini memang telah mengikuti kelas akselerasi saat duduk di bangku sekolah.

Rein menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu 2 tahun. Hal itu juga dilakukannya ketika masuk ke SMA. Dia lulus dari SMAN 1 Tasikmalaya hanya dalam waktu 2 tahun.

Ketika ditanya mengapa memilih Kedokteran Unpad, Rein mengaku bahwa kuliah di Kedokteran Unpad bebas dari biaya. Selain itu, Rein mengaku siap mengabdi sebagai dokter di wilayah mana saja.

Rein juga mengaku tertarik dengan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Unpad yaitu Asian Medical Student Association (AMSA).

Baca juga: 4.161 Peserta SBMPTN 2018 Diterima di Unpad

Rein yang juga memiliki hobi bernyanyi mempunyai keinginan bergabung dengan paduan suara di Unpad.

"Prioriras utama adalah pendidikan, tetapi saya memiliki kesempatan untuk bebas berorganisasi, dan tak akan saya lewatkan,” kata Rein, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Berita ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul Meski Baru Berusia 15 Tahun, Remaja Putri Ini Sudah Jadi Mahasiswi di Fakultas Kedokteran Unpad  pada Rabu (8/8/2018). 

Kompas TV Di hadapan seluruh sivitas akademika, guru besar dan tenaga pendidik, Presiden Jokowi menyampaikan orasi ilmiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com