Tiga Ekor Buaya Muara Nyaris Jadi Santapan Warga

Kompas.com - 08/08/2018, 09:00 WIB
Buaya muara yang diamankan petugas BBKSDA Riau dan Pertamina RU II Dumai, Selasa (7/8/2018). Dok BBKSDA RiauBuaya muara yang diamankan petugas BBKSDA Riau dan Pertamina RU II Dumai, Selasa (7/8/2018).

PEKANBARU, KOMPAS.com — Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam ( BBKSDA) Riau mengamankan tiga ekor buaya muara yang nyaris disantap warga.

Kini satwa dengan nama latin Crocodylus porosus tersebut dititipkan di Lembaga Konservasi Kasang Kulim Kubang untuk perawatan lebih lanjut.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriati mengungkapkan, tiga ekor buaya muara diserahkan oleh Pertamina RU II Dumai, Senin (6/8/2018).

"Penyerahan secara sukarela dari Pertamina RU II Dumai kepada BBKSDA Riau. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih," ucap Dian pada Kompas.com, Selasa (7/8/2018).


Baca juga: Seorang Warga Desa Diduga Tewas Diterkam Buaya

Dijelaskannya, tiga ekor buaya muara diamankan dari masyarakat pada awal Juli 2018 lalu.

Saat itu beberapa anggota sekuriti Pertamina sedang melakukan patroli di jalan lintas Dumai-Rohil.

"Sekuriti Pertamina menemukan warga yang membawa tiga ekor buaya muara dalam keranjang rotan menggunakan sepeda motor," kata Dian.

Setelah ditanya sekuriti, lanjutnya, warga mengaku buaya tersebut akan dikonsumsi dan juga dijual.

"Beruntung petugas sekuriti mengetahui bahwa buaya muara dilindungi undang-undang sehingga buaya tersebut diamankan," ujar Dian.

Baca juga: Berebut Bangkai Babi, Dua Buaya Besar Bertarung di Sungai

Kondisi buaya muara saat diamankan, kata dia, kurang sehat. Kemudian pihak Pertamina RU II terlebih dahulu memberikan perawatan.

"Setelah kondisi buaya membaik, barulah diserahkan kepada kami. Buaya-buaya itu sekarang kami titip di Kasang Kulim Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut," ujar Dian.

BBKSDA Riau mengapresiasi pihak Pertamina RU II Dumai yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya penyelamatan satwa tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X