Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ekor Buaya Muara Nyaris Jadi Santapan Warga

Kompas.com - 08/08/2018, 09:00 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com — Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengamankan tiga ekor buaya muara yang nyaris disantap warga.

Kini satwa dengan nama latin Crocodylus porosus tersebut dititipkan di Lembaga Konservasi Kasang Kulim Kubang untuk perawatan lebih lanjut.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriati mengungkapkan, tiga ekor buaya muara diserahkan oleh Pertamina RU II Dumai, Senin (6/8/2018).

"Penyerahan secara sukarela dari Pertamina RU II Dumai kepada BBKSDA Riau. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih," ucap Dian pada Kompas.com, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Seorang Warga Desa Diduga Tewas Diterkam Buaya

Dijelaskannya, tiga ekor buaya muara diamankan dari masyarakat pada awal Juli 2018 lalu.

Saat itu beberapa anggota sekuriti Pertamina sedang melakukan patroli di jalan lintas Dumai-Rohil.

"Sekuriti Pertamina menemukan warga yang membawa tiga ekor buaya muara dalam keranjang rotan menggunakan sepeda motor," kata Dian.

Setelah ditanya sekuriti, lanjutnya, warga mengaku buaya tersebut akan dikonsumsi dan juga dijual.

"Beruntung petugas sekuriti mengetahui bahwa buaya muara dilindungi undang-undang sehingga buaya tersebut diamankan," ujar Dian.

Baca juga: Berebut Bangkai Babi, Dua Buaya Besar Bertarung di Sungai

Kondisi buaya muara saat diamankan, kata dia, kurang sehat. Kemudian pihak Pertamina RU II terlebih dahulu memberikan perawatan.

"Setelah kondisi buaya membaik, barulah diserahkan kepada kami. Buaya-buaya itu sekarang kami titip di Kasang Kulim Pekanbaru untuk penanganan lebih lanjut," ujar Dian.

BBKSDA Riau mengapresiasi pihak Pertamina RU II Dumai yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam upaya penyelamatan satwa tersebut.

Kompas TV Dan saat ini sudah ada lima saksi yang masih dilakukan pemeriksaan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com