Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Hadiri Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila di Malioboro

Kompas.com - 08/08/2018, 07:56 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Ganjar Pranowo dan Ketua Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) Mahfud MD hadir acara Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila yang digelar di Jalan Malioboro.

Keduanya turut makan nasi tumpeng bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan masyarakat.

Sekitar pukul 19.00 Wib Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X berjalan keluar dari dalam kantor Kepatihan menuju jalan Malioboro. Tampak mengikuti dibelakang mereka yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Mereka bersama-sama berjalan untuk menyapa dan menyalami warga masyarakat yang duduk lesehan jalan Malioboro. Sesudah itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD duduk lesehan bersama.

Baca juga: Caos Dhahar Lorogendhing, Makanan Kesukaan Sunan Kalijaga yang Melegenda

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga menemani Sri Sultan HB X keatas panggung untuk memotong tumpeng sebagai simbol dimulainya makan nasi tumpeng bersama. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD lantas makan nasi tumpeng bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

"Ini acara yang menarik dan sangat bagus," ujar Ganjar Pranowo saat ditemui Kompas.com usai acara Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila di jalan Malioboro, Selasa (07/08/2018)

Dia menuturkan acara Dhahar Kembul ini merupakan bentuk bagaimana mempraktikkan nilai-nilai Pancasila. Dimana menunjukan spirit gotong-royong serta persaudaraan dengan Dhahar Kembul (makan bersama).

"Menurut saya, Ini Yogya banget. Makan bareng, pemimpin dan masyarakat duduk setara, inilah Pancasila, saling menghargai, saling menghormati, bersaudara dan bergembira bersama-sama," tegasnya.

Baca juga: Susi Pudjiastuti: Saya Usulkan Sri Sultan Jadi Cawapres

Dia meneruskan, menurutnya acara serupa juga akan digelar di Jawa Tengah. Ganjar menyebutkan kemungkinan akan digelar di bulan September 2018 mendatang.

"Oh sudah dipesan saya tadi, habis ini Jawa Tengah, Ok. Mungkin insyaallah bulan September," pungkasnya. 

Kompas TV Ikuti perbincangannya di Sapa Indonesia Malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com