Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Selasa Pagi, Sudah 230 Gempa Susulan Guncang Lombok

Kompas.com - 07/08/2018, 07:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejak gempa bumi magnitudo 7 pada Minggu (5/8/2018) yang mengguncang Lombok dan getarannya dirasakan hingga Bali, tercatat sudah terjadi 230 kali gempa susulan hingga Selasa (7/8/2018) pukul 07.00 Wita.

Hal ini dipaparkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), seperti dikutip dari Antara. Menurut BMKG, dari 230 kali gempa susulan, 16 gempa dirasakan kuat.

Salah satunya yakni gempa bumi susulan magnitudo 5,5 pada pukul 01.21 WIB di wilayah Sumbawa dengan episenter terletak pada 8.18 Lintang Selatan dan 116.29 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: 7 Kisah Mengharukan Gempa Lombok, Warga Terjebak di Reruntuhan Masjid hingga Bayi Lahir

Sementara gempa bumi dengan kekuatan yang semakin kecil juga terus terjadi setelahnya, tercatat pada pukul 04.00 hingga pukul 06.00 Wita terjadi sembilan kali gempa susulan.

BMKG memperkirakan gempa bumi susulan masih akan terus terjadi hingga beberapa pekan ke depan.

Gempa bumi magnitudo 7,0 yang melanda Pulau Lombok dan Sumbawa juga dirasakan hingga ke Bali dan Jawa Timur.

Gempa tersebut disebut BMKG sebagai gempa utama dari rangkaian gempa yang terjadi di Lombok sebelumnya yaitu pada 29 Juli 2018 yang juga merusak dan menimbulkan korban jiwa jika dilihat dari episenternya yang relatif sama.

Baca juga: Dua Kali Gempa Lombok Terjadi di Zona Sesar Naik yang Sama...

Kompas TV Warga dan wisatawan pun kini hanya bisa beristirahat di pinggir jalan beralaskan karpet plastik dan selimut tipis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com