Lumba-lumba Mati Terdampar di Pantai Kulon Progo Jadi Tontonan Warga

Kompas.com - 06/08/2018, 18:34 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Lumba-lumba jenis hidung botol ditemukan mati di tepi pantai Dusun Sidorejo, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulon Progo, Yogyakarta.

Bangkai lumba-lumba ini mengundang perhatian warga. Ratusan orang silih berganti mendatangi ikan hanya untuk menyaksikannya.

"Penasaran saja karena belum pernah lihat lumba-lumba. Saya ajak anak datang untuk melihat," kata Nisa (22), warga Sidorejo, Senin (6/8/2018).

Nisa mengaku pernah melihat satwa air ukuran besar terdampar serupa lumba-lumba ini. Sebelumnya, ia dan warga Dukuh Sidorejo ini pernah melihat hiu paus dan hiu hitam. Keduanya terdampar dalam kondisi mati.


"Sudah lama sekali, lupa kapan. Kalau lumba-lumba baru sekali ini," kata Nisa.

Baca juga: Lagi Makan Malam, Para Menteri Berhamburan Saat Gempa Guncang Lombok

 

Itu pula yang membangkitkan rasa penasarannya untuk melihat.

Bangkai lumba-lumba terdampar di pantai Sidorejo, Senin siang. Jarak pantai ini tidak jauh dari pantai wisata Trisik, hanya terpaut sekitar 100-an meter. 

Kabar itu cepat memyebar di antara warga di sana. Mereka berduyun-duyun mendatangi lokasi temuan bangkai.

Ketika ditemukan, tubuh lumba-lumba sudah menggembung. Bau amis dan aroma busuk sudah tercium dari jauh. Kulitnya juga sudah banyak mengelupas. Tidak terlihat bekas luka pada satwa ini.

Koordinator Tim SAR Pantai Trisik, Jaka Samudra memperkirakan, lumba-lumba sudah mati sejak di laut.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X