Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya 3,5 Meter yang Naik ke Darat Ditangkap Warga

Kompas.com - 06/08/2018, 17:06 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Seekor buaya dengan panjang 3,5 meter diamankan warga Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin (6/8/2018).

Buaya ditangkap di kali dekat pasar Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda sekitar pukul 04.15 WIT. Untuk sementara, buaya diamankan di rumah warga dalam kondisi terikat.

“Di sekitar pasar itu kan ada kali/muara, nah dari situ kemudian naik ke darat," kata Ekawati dari Flight Proctectin Indonesia's Birds," Senin (6/8/2018).

"Entah penyebab pastinya apa tapi kemungkinan karena di sekitar kali itu sudah kotor akibat masyarakat sering membuang sampah di situ, sehingga buaya itu naik ke darat,” tambahnya.

Baca juga: Lagi Makan Malam, Para Menteri Berhamburan Saat Gempa Guncang Lombok

Rencananya, buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Maluku Wilayah I Ternate.

Seksi Konservasi Wilayah I Ternate BKSDA Maluku, Abbas Khurasan membenarkan penangkapan satu ekor buaya di Kabupaten Halmahera Tengah.

Hanya saja, buaya itu kemungkinan besar akan dilepas kembali ke habitatnya, mengingat belum adanya penangkaran buaya di Maluku Utara.

“Tentunya kita tidak akan kita lepas di sembarang tempat, kita akan cari habitatnya dimana kemudian di situ kita akan lepas,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com