Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Semringah Kapolri dan Gubernur Sumsel Saat Terima Api Asian Games

Kompas.com - 06/08/2018, 14:25 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Api abadi Asian Games yang berasal dari India, diarak keliling Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). 

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi orang pertama yang menyambut kedatangan obor api Asian Games tersebut menjelang penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia itu.

Torch relay atau kirab obor Asian Games sebelumnya dibawa oleh pasukan penerbang dari Paskhas TNI AU dengan menggunakan tinder box. 

Baca juga: Dibawa dari India, Begini Cara Menjaga Api Obor Asian Games 2018 Tetap Menyala

 

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kanan) dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri) berlari sambil membawa obor api Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). Obor api Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi kota Palembang dan menyusuri Sungai Musi, selanjutnya akan menuju sejumlah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan.ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kanan) dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri) berlari sambil membawa obor api Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). Obor api Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi kota Palembang dan menyusuri Sungai Musi, selanjutnya akan menuju sejumlah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan.

Sebanyak 50 anggota Paskhas mengawal api abadi itu dengan terjun dari ketinggian 7.000 kaki dan mendarat di lapangan kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang dipimpin langsung oleh Letkol Helmi Ardianto Nage dari Danden Matra 2/Naga Paskhas. 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang menerima api tersebut langsung menyulutkan api dari tinder box dan mini cauldron. Kemudiandia menyerahkan obor langsung ke Alex Noerdin dan Jenderal Tito Karnavian.

Keduanya tampak berhati-hati ketika menerima obor tersebut agar api tetap menyala.

Setelah menerima obor, kedua putra asal Sumatera Selatan itu langsung berkeliling kompleks Jakabaring Sport City (JSC) dengan wajah semringah. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Api Obor Asian Games 2018

 

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (ketiga kanan) menyerahkan obor api Asian Games 2018 kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir (kedua kiri) dan Ketua Panitia Pelaksana Daerah Asian Games 2018 Palembang Muddai Madang (kiri) saat pawai obor api Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). Obor api Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi kota Palembang dan menyusuri Sungai Musi, selanjutnya akan menuju sejumlah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (ketiga kanan) menyerahkan obor api Asian Games 2018 kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) disaksikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir (kedua kiri) dan Ketua Panitia Pelaksana Daerah Asian Games 2018 Palembang Muddai Madang (kiri) saat pawai obor api Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/8/2018). Obor api Asian Games 2018 tersebut dibawa mengelilingi kota Palembang dan menyusuri Sungai Musi, selanjutnya akan menuju sejumlah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan.

Secara estafet, obor Asian Games juga diserahkan ke Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel bersama para atlet yang lain hingga menuju venue Bowling. Mereka berlari sejauh 24 kilometer. 

"Hari ini, the dream comes true. Hari ini pegang obor pertama torch relay di Jakabaring. Terima kasih Indonesia," ungkap Alex dengan gembira.

Torch relay Asian Games sebelumnya direncanakan dalam sehari penuh akan diarak keliling Kota Palembang. Setelah itu, api Asian Games dibawa ke kabupaten/kota di Sumatera Selatan. 

Pada hari Sabtu, api Asian Games masih dibawa keliling Sungai Musi dengan dikawal langsung anggota TNI/Polri serta para atlet dengan kapal. ‎

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com