Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Gempa Bermagnitudo 7 Guncang Lombok

Kompas.com - 05/08/2018, 22:52 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 7 dan berpotensi tsunami mengguncang Lombok Timur, NTB dan sekitarnya pada Minggu (5/8/2018) malam. Gempa tersebut membuat masyarakat di Lombok dan Bali berhamburan keluar rumah.

Sejumlah bangunan seperti mal, hotel dan rumah warga di Lombok dan Bali rusak akibat terguncang gempa. Bahkan, sejumlah kendaraan hancur akibat tertimpa bangunan yang runtuh digoyang gempa.

Warga melihat kendaraan yang hancur tertimpa puing bangunan yang runtuh akibat gempa, di salah satu mall, di Denpasar, Minggu (5/8/2018). Gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, juga terasa hingga Bali.AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA Warga melihat kendaraan yang hancur tertimpa puing bangunan yang runtuh akibat gempa, di salah satu mall, di Denpasar, Minggu (5/8/2018). Gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, juga terasa hingga Bali.

Misalnya, salah satu mal di Denpasar, Bali, hancur dan puing-puingnya menimpa sejumlah motor yang terparkir di bawahnya.

Baca juga: Kronologi Gempa Lombok Bermagnitudo 7 Berpotensi Tsunami

Selain merusak bangunan, gempa juga menyebabkan warga di Lombok dan Bali dilanda kepanikan. Sebagaimana pantauan Kompas TV, pengunjung hotel Santika di Lombok berlarian ke luar hotel sesat setelah gempa.

Warga Bali menyelematkan diri keluar rumah saat gempa yang mengguncang Lombok, juga terasa hingga Bali, Minggu (5/8/2018).AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA Warga Bali menyelematkan diri keluar rumah saat gempa yang mengguncang Lombok, juga terasa hingga Bali, Minggu (5/8/2018).

Di Bali, warga menyelematkan diri keluar rumah saat gempa yang mengguncang Lombok yang juga terasa hingga Bali.

Petugas membawa pasien keluar dari rumah sakit saat terjadi gempa bermagnitudo 7 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).AFP PHOTO/RITA SISWATI Petugas membawa pasien keluar dari rumah sakit saat terjadi gempa bermagnitudo 7 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).

Kepanikan juga terlihat di rumah sakit di Lombok, NTB. Bahkan sejumlah pasien terpaks dibawa ke luar rumah sakit meski dalam keadaan dirawat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BPNP Sutop Purwo Nugroho menyebutkan, berdasarkan analisis BMKG, gempa bermagnitudo 7 berpotensi tsunami. Bahkan Sutopo menyebutkan, tsunami sudah sampai perairan Lombok Barat bagian utara dan Lombok Timur bagian barat.

Warga yang panik menaiki sepeda motor ketika terjadi gempa bermagnitudo 7 di Kecamatan Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (5/8/2018).ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Warga yang panik menaiki sepeda motor ketika terjadi gempa bermagnitudo 7 di Kecamatan Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (5/8/2018).

Namun tinggi tsunami kecil, yakni antara 10 hingga 13 centimeter. Paling tinggu tsunami diperkirakan hanya 0,5 meter.

Beberapa jam kemudian setelah gempa, BMKG mencabut peringatan tsunami.

Baca juga: Gempa Lombok, BMKG Akhiri Peringatan Dini Tsunami

Hingga kini, pemerintah dan badan terkait masih mendata jumlah bangunan rusak akibat gempa serta memantau kemungkinan ada korban dalam bencana ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com