Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Penumpang KM Satya Kencana yang Terbakar, Air Sampai Bergolak...

Kompas.com - 05/08/2018, 07:00 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kapal Motor Satya Kencana IX terbakar di perairan laut Jawa, sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (4/8/2018).

Kapal yang membawa 230 penumpang ini terbakar saat berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dari ratusan penumpang, satu orang dilaporkan tewas tenggelam. Korban diduga menceburkan diri ke laut karena panik.

Selamatnya ratusan penumpang KM Satya Kencana IX tak lepas dari cepatnya evakuasi terhadap penumpang.

Para penumpang segera diarahkan naik sekoci dan lifecraft yang ada pada KM Setya Kencana sebelum akhirnya diselamatkan oleh KM Niki Sae dan KM Kumala.

Suroso, salah satu penumpang, bercerita, begitu api membesar, para penumpang segera diminta naik ke sekoci. Mereka lalu diselamatkan KM Niki Sae sekitar dua jam kemudian.

"Panas sekali waktu itu, sampai air sekitar bergolak," ungkapnya.

Barang-barang yang dibawanya di kapal habis semua.

Penumpang lain, Suhartono, mengaku melihat asap pertama kali di lantai tiga hingga kemudian membesar. Saat itu, dia yang tengah tertidur langsung bangun dan menyelamatkan diri bersama penumpang lainnya.

Sopir lainnya yang menjadi penumpang, Zainal asal Lamongan Jawa Timur, mengatakan, mereka adalah orang terakhir yang turun ke sekoci bersama para ABK KM Setya Kencana.

Saat itu, waktu menunjukkan pukul 05.00 Wita. Tak lama kemudian, mereka diselamatkan oleh KM Niki Sae.

"Tak lama karena waktu itu ABK bawa alat komunikasi dan kemudian diselamatkan," ungkapnya.

Zainal yang mengaku membawa mobil dari ekspedisi Lintas Jawa yang berisi beragam macam barang menuturkan, penumpang yang tewas tercebur saat hendak naik sekoci. Namun, belum ada yang mengetahui identitasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin Bambang Gunawan mengatakan, total ada 230 penumpang di dalam kapal.

"Total jumlah penumpang 198 ditambah pelayar atau ABKnya total hampir 230 orang," katanya dalam konferensi pers di Pelabuhan Bandarmasih, Sabtu malam.

Satu korban yang tewas sudah dibawa ke RSUD Ulin Banjarmasin pada Sabtu malam. Kepala RS Bhayangkara Banjarmasin AKBP Bambang P mengatakan, korban diduga tewas karena tenggelam.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul NEWS VIDEO : Ini Kronologi Terbakarnya KM Satya Kencana IX di Laut Jawa Menurut Versi Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com