Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di ICD 2018, Savic Ali Berbagi Ilmu Bagaimana Membangun Media Komunitas NU

Kompas.com - 04/08/2018, 16:35 WIB
Amir Sodikin

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Tokoh muda pengelola NU Online, Savic Ali, akan hadir dan menjadi narasumber dalam dialog antarkomunitas di Indonesian Community Day (ICD) 2018 yang dilaksanakan pada Minggu, 5 Agustus 2018 di Taman Krida Budaya Malang Jawa Timur.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, disebutkan Savic akan membagikan pengalamannya dalam membangun dan mengelola media komunitas.

"Sharing soal bagaimana mengelola NU Online, juga islami.co. Tim redaksi kami sangat kecil, tetapi tetap bisa menjangkau jutaan kepala. Bila ditotal ada jutaan unique visitors," katanya saat dihubungi Kompasiana, Selasa (31/07/2018).

Untuk mengelola kedua website tersebut, Savic mengaku ia perlu mengandalkan para kontributor yang kebanyakan adalah para anak muda Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga: Emil Dardak Akan Buka Ajang Kumpul Komunitas Se-Indonesia ICD 2018

 

"Beberapa tahun belakangan intelektual NU sangat banyak. Generasi NU makin banyak yang muda. Anak muda ini memiliki kekuatan dari sisi sense of belonging dan semangat untuk bisa berbuat yang tinggi. Tinggal bagaimana kami membangun engage yang baik, berinteraksi untuk diskusi, relasi yang baik, dan brainstorming," ungkapnya.

Selain itu, ia menilai saat ini komununitas di Indonesia punya peran dan andil penting untuk masyarakat, terutama dalam mengedukasi publik. "Sejak sepuluh tahun terakhir, komunitas tumbuh sangat pesat dan memiliki peran yang sangat vital dalam hidup bermasarakat," kata Savic.

Apalagi, penetrasi dunia digital yang sangat membantu penyebaran informasi melalui komunitas-komunitas. "Untuk itu, kami tergerak untuk mengumpulkan mereka dalam satu kegiatan yang atraktif, interaktif dan tentunya bermanfaat," ujarnya.

Bergabung bersama Savic Ali, pada sesi tersebut akan hadir pula CEO Indonesia Medika, Gamal Albinsaid yang sempat meraih penghargaan The HRH Prince of Wales Youth Sustainability Entrepreneur dari Kerajaan Inggris.

Baca juga: Reka Ulang Sejarah Kota Malang Akan Turut Warnai ICD 2018 pada 5 Agustus

 

ICD 2018 sendiri merupakan ajang kumpul komunitas terbesar se-Indonesia yang digagas oleh Kompasiana. ICD 2018 menjadi wajah berjumpa ragam komunitas untuk saling berkolaborasi dan melakukan aksi positif.

Anda dapat berpartisipasi sebagai peserta di dialog yang menghadirkan Savic Ali dan Gamal Albinsaid dengan datang langsung atau mendaftarkan diri terlebih dahulu di http://www.icd.co.id. Kegiatan ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. (Kompasiana/Ibnu Siena)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com