"Tidak Benar Warga yang Bakar Savana Gili Lawa Darat Taman Nasional Komodo"

Kompas.com - 03/08/2018, 18:38 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan. KOMPAS/HERU SRI KUMOROWisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan.

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kepala Taman Nasional Komodo, Budhy Kurniawan meluruskan pemberitaan media massa yang menyebut, warga diduga membakar padang savana Gililawa Darat di Taman Nasional Komodo.

Menurut Kurniawan, kebakaran savana di Pulau Gililawa Darat diduga dari api rokok pengunjung yang hari itu sedang berwisata di kawasan Gililawa Darat di Taman Nasional Komodo.

"Kasus kebakaran savana di Pulau Gililawa seluas 10 hektar diketahui Balai Taman Nasional Komodo berkat informasi dari masyarakat," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/8/2018).

"Informasi itu direspons pihaknya untuk memadamkan api. Petugas ranger di Balai Taman Nasional Komodo berhasil memadamkan api. Dampaknya kawasan Pulau Gili Lawa Darat ditutup sementara bagi aktivitas wisata," jelasnya.

Baca juga: Gili Lawa Darat Kawasan Taman Nasional Komodo Ditutup Sementara

Kurniawan menjelaskan, kepolisian sedang menyelidiki dan mendalami kasus kebakaran tersebut serta memeriksa pihak-pihak yang mengunjungi kawasan itu beberapa waktu lalu.

Kapolres Manggarai Barat, Julisa Kusumowardono menjelaskan, hari ini tim penyidik Polres Manggarai Barat menyelidiki kasus ini bersama PPNS Balai Taman Nasional Komodo.

Penyidik sudah memeriksa pemandu wisata Indonesia Juara, nakhoda, dan anak buah kapal sambil mendalami kasus kebakaran tersebut. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X