Fakta Menarik LRT Palembang, Fitur Canggih hingga Mogok Saat Hujan

Kompas.com - 03/08/2018, 18:24 WIB
Satu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018). KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoSatu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018).

SOLO, KOMPAS.com - Pada 1 Agustus 2018, Light Rail Transit ( LRT) Palembang dibuka untuk umum. LRT sempat mogok selama 45 menit ketika menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II saat hujan deras mengguyur.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Light Rail Transit (LRT) Palembang, Suranto, segera mengklarifikasi hal tersebut.

"Enggak ada masalah cuma pintu saja, sekarang sudah beroperasi seperti semula,” kata Suranto, Kamis (2/8/2018).

LRT Palembang memang tengah menjadi sorotan, apalagi sebentar lagi Kota Palembang akan menjadi salah satu tuan rumah ajang Asian Games, selain Jakarta.

Presiden Joko Widodo juga telah menegaskan, LRT Palembang menjadi proyek percontohan bagi kota-kota besar lainnya.

Berikut sejumlah fakta seputar LRT di Palembang:

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kedua kiri) serta Menteri Kabinet Kerja saat berada di dalam gerbong Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan saat meninjau pengoperasian LRT di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7). Presiden Joko Widodo mengatakan LRT Palembang merupakan LRT pertama yang beroperasi di Indonesia. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kedua kiri) serta Menteri Kabinet Kerja saat berada di dalam gerbong Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan saat meninjau pengoperasian LRT di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7). Presiden Joko Widodo mengatakan LRT Palembang merupakan LRT pertama yang beroperasi di Indonesia.

1. Karya anak bangsa

Presiden Joko Widodo bersama istrinya, Iriana, menjajal LRT Palembang, pada hari Jumat (13/7/2018) lalu. Sejumlah pejabat juga turut mendampingi Jokowi menaiki LRT dari Stasiun Bumi Sriwijaya hingga Stasiun Jakabaring.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, 95 persen pengerjaan LRT Palembang dilakukan oleh anak bangsa, dari gerbong kereta hingga bahan bakunya.

"Hanya mesin saja dari Jerman, ke depan kita bikin sendiri hasil karya bangsa kita sendiri," kata Jokowi saat itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X