Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Hari dan Tanggal Lahir Cucu Jokowi Menurut Penanggalan Jawa

Kompas.com - 03/08/2018, 14:05 WIB
Labib Zamani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikaruniai cucu kedua dari putrinya, Kahiyang Ayu. Putri pertama Kahiyang dan Bobby Nasution itu lahir pada Rabu (1/8/2018) pukul 05.00 WIB.

Praktisi penanggalan Jawa Solo, Totok Yasmiran (48) mengatakan, cucu kedua Presiden Jokowi dilahirkan pada tanggal yang cantik, yaitu 1 Agustus 2018 atau 1818.

Di samping itu, sesuai penanggalan Jawa lahirkan pada Rabu pon. Pada hari itu memiliki karakter lakuning rembulan (perjalanan rembulan) dan bumi kapetak.

"Lakuning rembulan itu orangnya serba menyenangkan, simpati, dan berwibawa. Bumi kapetak itu tersembunyi yang mempunyai arti kebaikannya tidak kelihatan (tidak terlihat orang lain)," kata Totok ketika ditemui di Museum Radya Pustaka Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/8/2018).

Baca juga: Luapkan Kebahagiaan, Abang Becak Konvoi Sambil Bawa Poster Cucu Jokowi

Totok menjelaskan, cucu kedua mantan Wali Kota Surakarta ini memiliki wuku medangkungan. Wuku medangkungan ini perwatakannya sesuai dengan penggambaran watak dari Batara Basuki.

"Banyak yang simpati, bicaranya halus atau sopan, menerima ketentuan, pandai bicara, dan senantiasa bersyukur atas anugerah diterima," beber dia.

Totok melanjutkan, wuku medangkungan ini memiliki bakat kepemimpinan, akan tetapi tidak cenderung berpolitik. Selain itu, tidak cepat mudah memutuskan sesuatu.

"Kalau memutuskan sesuatu tidak bisa langsung, tetapi dipikirkan dahulu secara matang," bebernya.

Untuk mencari hari yang baik menurut adat Jawa, sambung dia, bersumber dari berbagai kitab kuno, seperti Kitab Serat Pawukon karangan Padmasusastra, Kitab Primbon Jawa oleh Tinoyo, dan Kitab Centhini.

Baca juga: Lucunya Cucu Jokowi di Tengah Tamu Istana...

Perhitungan tanggal baik bagi masyarakat Jawa biasanya dilakukan untuk menentukan hari pernikahan, pindahan rumah, atau acara besar lainnya.

"Hampir setiap hari ada orang yang datang nemuin saya untuk melakukan konsultasi. Baik tentang pernikahan, pindah rumah (boyongan), mendirikan usaha, dan lain-lain. Tapi saya batasi untuk konsultasi itu hanya setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu," kata Totok.

Totok mengaku membuka jasa konsultasi sejak tahun 2013 hingga sekarang. Ia mewarisi kemampuan penangglan Jawa dari orangtuanya yang juga membuka konsultasi serupa. 

"Bapak saya dulu sering dimintai tolong orang untuk mencarikan hari baik pernikahan, pindahan rumah, dan permasalahan lainnya," tutur pria kelahiran Blora, Jawa Tengah.

Kompas TV Para pedagang secara spontan menggelar syukuran dengan membagikan makanan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com