Wagub Bangka Belitung Kaget Vaksin MR Belum Kantongi Sertifikat Halal

Kompas.com - 02/08/2018, 12:39 WIB
Petugas medis menyuntikkan vaksin MR (measles and rubella) kapada siswa TK di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Imunisasi MR untuk 120 ribu anak kelompok umur minimal sembilan bulan, TK-SD-SMP dengan rentang usia kurang dari 15 tahun untuk mencegah infeksi campak dan rubella melalui saluran pernafasan di Tulungagung ditargetkan tuntas bertahap hingga akhir September 2017. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/kye/17 ANTARA FOTO/Destyan SujarwokoPetugas medis menyuntikkan vaksin MR (measles and rubella) kapada siswa TK di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Imunisasi MR untuk 120 ribu anak kelompok umur minimal sembilan bulan, TK-SD-SMP dengan rentang usia kurang dari 15 tahun untuk mencegah infeksi campak dan rubella melalui saluran pernafasan di Tulungagung ditargetkan tuntas bertahap hingga akhir September 2017. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/kye/17

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengaku kaget dengan adanya surat Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait vaksin Mearles Rubella (MR) yang belum mendapat sertifikat halal.

"Itu kan program nasional, jadi kami menganggap semua sudah clear, tidak ada persoalan lagi. Tapi tahunya ada kejadian seperti ini," kata Abdul Fatah kepada Kompas.com, Kamis (2/8/2018).

Abdul Fatah menduga, sebagian vaksin MR sudah diberikan pada masyarakat, karena pemprov dan kemenkes telah meluncurkannya sejak 1 Juli 2018.

"Saat ini kami menunggu pernyataan MUI apakah itu boleh digunakan atau tidak. Sementara ini kalau surat untuk disetop sudah dibuat," ujarnya.

Baca juga: Belum Ada Sertifikat Halal, Pemberian Vaksin MR Dihentikan di Bangka Belitung

Dia menyesalkan peluncuran vaksin MR ke daerah-daerah yang terkesan terburu-terburu sampai akhirnya menuai polemik.

"Ini lempeng saja seperti tidak ada masalah. Tapi kemudian ada permintaan dari MUI," bebernya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X