Kisah Mahasiswa ITB Sisihkan 351 Peserta IMC di Bulgaria

Kompas.com - 31/07/2018, 20:34 WIB
Bimo Adityarahman Wiraputra, mahasiswa Prodi Teknik Informatika, STEI-ITB meraih medali emas atau first prize setelah bersaing dengan 351 peserta lain dari berbagai negara di dunia dalam ajang International Mathematic Competition (IMC) 2018 di Bulgaria. Dok Humas ITBBimo Adityarahman Wiraputra, mahasiswa Prodi Teknik Informatika, STEI-ITB meraih medali emas atau first prize setelah bersaing dengan 351 peserta lain dari berbagai negara di dunia dalam ajang International Mathematic Competition (IMC) 2018 di Bulgaria.

BANDUNG, KOMPAS.com - Bimo Adityarahman Wiraputra, mahasiswa Prodi Teknik Informatika, STEI- ITB meraih medali emas International Mathematic Competition (IMC) 2018 di Bulgaria.

Bimo berhasil menyisihkan 351 peserta lainnya yang datang dari berbagai negara di dunia.

Bimo tak menyangka dengan raihan medali emas di kompetisi tersebut. Ia bersyukur bisa membawa harum nama Indonesia dan ITB di dunia internasional.

Medali tersebut ia persembahkan untuk orangtua, almamater, teman-teman, tim, dan pembimbingnya.

"Pastinya senang dan bersyukur bisa meraih juara, ini suatu kebanggan tersendiri," kata Bimo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/7/2018).

Baca juga: Herayati, Anak Pengayuh Becak, Lulus ITB dengan Predikat Cum Laude

Bimo menceritakan, tak ada persiapan khusus dalam kompetisi yang berlangsung 22-28 Juli 2018 di Kota Blagoevrad itu.

Ia hanya sering mengerjakan soal bersama tim dan pembimbingnya. Bahkan di rumah, Bimo sering mengulang dan mempelajari kembali buku-buku dan topik yang diujikan di IMC.

Menurut dia, level IMC lebih sulit dibanding olimpiade. Meski begitu, selama mengerjakan ujian dalam lomba tersebut, Bimo berhasil melewatinya mulai dari level termudah hingga tersulit.

"Selama ikut lomba, ada beberapa soal yang diujikan, mulai dari tingkatan mudah, sedang dan sulit, semuanya bisa dilewati dengan baik," ucapnya.

Setelah meraih emas, penyuka analisis riil dan kombinatorika dalam matematika itu akan fokus mendalami dunia informatika dan program studinya saat ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X