Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Bupati, Wali Kota, Gubernur, Jangan Main-main dengan Anggaran dan Uang

Kompas.com - 27/07/2018, 18:12 WIB
Agie Permadi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo angkat bicara terhadap operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan, Jumat (27/7/2018).

Hal ini disampaikan oleh Jokowi setelah melantik Pamong Praja Muda lulusan IPDN, di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Jumat.

"Kita tahu, KPK selalu bertindak profesional. Itu yang harus kita hargai," tuturnya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Integritas kepada Ribuan Lulusan IPDN

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan semua pihak untuk menjaga integritas, terutama para pejabat dan pegawai pemerintahan.

"Saya selalu tekankan integritas. Saya sudah titip kepada seluruh Bupati, Wali Kota, Gubernur, dan seluruh ASN kita jangan ada yang bermain-main dengan namanya anggaran, dengan uang juga," kata Jokowi. 

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, KPK menemukan uang Rp 700 juta yang diduga sebagai bukti transaksi suap. Diduga uang tersebut merupakan suap kepada kepala daerah terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga: 9 Jam Pemeriksaan Bupati Lampung Selatan oleh KPK 

Selain bupati, ada tujuh orang lainnya yang juga ditangkap petugas KPK. Mereka berasal dari unsur anggota DPRD, pihak swasta dan beberapa orang yang diduga terkait dengan perkara korupsi. 

Penangkapan ini berlangsung Kamis (26/7/2018) malam hingga Jumat (27/7/2018) dini hari. Saat ini, pihak-pihak yang ditangkap sedang dalam pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com