Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan untuk Warga Kelaparan di Pulau Seram Mulai Berdatangan

Kompas.com - 27/07/2018, 15:42 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Reni Susanti

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Bantuan bahan makanan dan obat-obatan terus berdatangan dari berbagai pihak untuk warga Suku Mausu Ane yang menderita kelaparan di pedalaman Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Diawali dari bantuan yang dibawa Kodam XVI Pattimura dan Polda Maluku, bantuan kepada warga suku terasing di Pulau Sera mini terus berdatangan.

Data yang diperoleh Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Maluku, hingga kini bantuan bahan makanan dan berbagai jenis bantuan lainnya telah terkumpul di beberapa titik di Desa Meono.

“Sejauh ini bantuan bahan makanan dan obat-obatan serta bantuan dasar lainnya lainnya terus berdatangan,” ujar Kepala BPBD Provinsi Maluku, Farida Salampessy, Jumat (27/7/2018).

Baca juga: Polri: Tiga Orang Meninggal Dunia karena Kelaparan di Pulau Seram

Farida merinci, bantuan yang telah sampai untuk warga Suku Mausu Ane berasal dari BPBD Maluku Tengah, berupa 45 paket family kids, 95 kain sarung, selimut, handuk, dan 90 lembar tikar.

“Dari Dinas Ketahanan Pangan itu ada 2 ton beras yang sudah sampai,” imbuhnya.

Adapun bantuan dari Dinas Sosial Maluku Tengah berupa makanan kaleng, alat masak dan makan, selimut wool, matras, dan kids ware 45 paket.

Sementara bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Maluku yang telah tiba berjumlah 1 ton beras, 100 lembar matras, 180 lembar selimut, dan bantuan lainnya.

Bantuan juga datang dari Polda Maluku dan Polres Maluku Tengah. Lebih dari 1 ton beras, tiga dokter dan tenaga medis, obat-obatan, garam, gula pasir, makanan tambahan untuk balita, mie instan, selimut, serta sandal dikirimkan.

Baca juga: Warga Suku Mausu Ane yang Meninggal akibat Kelaparan Bertambah

 

Sedangkan dari Kodam XVI Pattimura dan Korem 1502 Masohi, terdapat 47 paket sembako, Roll Terpal 4 roll, biskuit 12 kaleng, Imukal 10 dus, ransum 2 dus, air mineral 10 dus.

Sebelumnya, Kodam Pattimura juga telah menyalurkan puluhan karung beras dan bantuan lainnya.

Selain itu, bantuan dari Polres Maluku Tengah dan Kodim 1502 Maluku Tengah.  

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan, bantuan yang disalurkan itu sebagai bantuan darurat untuk penanganan warga yang terkena musibah. 

Kompas TV Warga mulai terancam kelaparan karena kekurangan bahan makanan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com