Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Luwu Tetapkan Basmin-SBJ Pemenang Pilkada 2018

Kompas.com - 27/07/2018, 06:22 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menetapkan pasangan calon Basmin Mattayang-Syukur Bijak (Basmin-SBJ) sebagai pasangan terpilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2018 – 2023 hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, dalam pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu.

Pasangan Basmin-SBJ merupakan pasangan nomor urut 1 yang diusung oleh partai Nasdem, Partai PDIP, Partai PPP, Partai Hanura, PKPI, PBB dan PKB.

Dalam Pilkada Luwu 27Juni 2018 lalu, pasangan nomor urut 1 Basmin-SBJ meraih suara sebanyak 117.230 suara, sedangkan pasangan nomor urut 2 Patahuddin-Emmy Tallesang meraih suara sebanyak 76.206 suara. Selisih suara antara keduanya 41.024 suara.

Rapat pleno dipimpin oleh Ketua KPU Luwu, Abd Thayyib Wahid, Anggota Komisioner KPU Luwu Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqsha, Anggota Komisioner KPU Luwu Divisi Teknis, Suhaeb, dan Anggota Komisioner KPU Luwu Divisi Logistik, Istantia.

Baca juga: [HOAKS] Video Papua Hari Ini Tanggal 25 Juli 2018 Banyak Polisi Gugur

 

Surat keputusan KPU Luwu nomor: 07/PL.03.7-Kpt/7317/KPU-Kab/VII/2018. Tentang penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu tahun 2018.

Ketua KPU Luwu, Abd Thayyib Wahid, menyampaikan bahwa terlaksananya Pilkada ini baik dalam proses tahapan Pilkada serta Pasca Pilkada bisa berjalan dengan sukses, damai, dan aman kerjasamanya semua pihak.

“Tahapan demi tahapan berjalan dengan berbagai dinamika yang ada dan semua telah dirasakan, dimana suasana kabupaten Luwu baik selama proses Pemilihan dan pasca Pemilihan tak lain tentunya bisa tercapai atas kerja sama semua pihak," katanya, Kamis (26/7/2018). 

"Dalam hal ini TNI-Polri, Pemda Luwu, Paslon serta partai pengusung, jajaran KPU Luwu, dan media yang telah membantu mensosialisasikan dan menjaga kondusifitas tahapan Pilkada," lanjutnya.

Baca juga: Cinta Produk Lokal, Ini 6 Barang yang Pernah Dibeli Jokowi saat Blusukan ke Daerah

Basmin Matayyang sebagai pemenang terpilih, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat dan pihak, TNI-Polri, Pemda, KPU, dam Panwaslu Luwu, sehingga Pilkada ini bisa berjalan sesuai dengan harapan tanpa riak.

“Kemenangan ini adalah kemenangan segenap mayarakat, untuk itu mari membangun kabupate Luwu dan mohon doa restunya kami bisa mewujudkan apa yang menjadi program-program kami ke depan," tutur Basmin.

Kompas TV Aktivitas mendulang yang digelutinya sudah berlangsung lama sejak dirinya berusia sekitar 10 tahun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com