Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pencuri Kotak Amal Masjid yang Lupa Beraksi di Mana Pertama Kali

Kompas.com - 26/07/2018, 19:28 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Suhamdi (43), warga Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, Sumatera Selatan, nekat mencuri kotak amal dari Masjid Muslimin di Jalan Pipa di Kelurahan Pipa Reja, Kecamatan Kemuning, Palembang, Rabu (25/7/2018).

Dia berpura-pura istirahat di dalam masjid. Melihat jemaah sepi, dia pun langsung menggondol kotak amal dan membawanya kabur.

Aksi pencurian tersebut rupanya langsung tepergok oleh warga. Mereka melihat Suhamdi menggendong kotak amal masjid dan langsung mengejarnya. Warga yang marah lalu menghajarnya.

Baca juga: [HOAKS] Video Papua Hari Ini Tanggal 25 Juli 2018 Banyak Polisi Gugur

Setelah itu, dia pun langsung diserahkan oleh warga ke Polsek Kemuning untuk menjalani pemeriksaan.

“Uangnya untuk servis motor karena kurang duit untuk bawa motor ke bengkel,” kata Suhamdi.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pengemudi ojek ini mengaku sudah dua kali melakukan aksi semacam ini. Aksi pertamanya dilakukan di masjid berbeda.

“Saya sendirian waktu beraksi. Caranya juga sama, pura-pura numpang istirahat. Terpaksa begini karena tidak ada uang. Lupa yang pertama itu di masjid mana,” ujar bapak beranak dua tersebut.

Baca juga: Kisah Yuliana, Juara Dunia Pencak Silat yang Cuma Bawa Pulang Piala dan Medali (1)

Kapolsek Kemuning Palembang AKP Robert P Sihombing mengungkapkan, dari tersangka petugas mengamankan barang bukti berupa uang Rp 600.000 dari dalam kotak amal masjid yang dicuri.

“Tersangka masih diperiksa. Pengakuannya sudah dua kali. Sekarang masih dikembangkan, apakah ada tempat lain,” ungkap Robert.

Atas perbuatannya, Suhamdi pun diancam dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com