Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ini Pertama Kali Saya Lihat Pak Jokowi, Sangat Sederhana dan Baik..."

Kompas.com - 26/07/2018, 08:50 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Presiden RI Joko Widodo membeli satu tandan pisang raja yang dijual Mbah Pur saat blusukan di Pasar Kranggan, salah satu pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Rabu (25/7/2018).

Pisang itu dibelinya dari Mbah Pur, seorang nenek asal Muntilan, Jawa Tengah. Dia sempat kesulitan menawarkan dagangannya langsung ke Presiden Jokowi yang sedang berkunjung hingga akhirnya memperoleh perhatian Presiden.

"Dari beberapa tandan yang ada, dibeli satu saja. Saya tawarkan Rp 300.000 dan langsung dibeli. Alhamdulillah, ini rejeki," kata Mbah Pur, yang sehari-hari memang berjualan di Pasar Kranggan.

Baca juga: Bahagianya Bu Slamet, Keripik Dagangannya Dibeli Rp 150.000 oleh Jokowi Tanpa Kembalian

Biasanya, satu tandan pisang raja dijualnya dengan harga Rp 50.000 hingga Rp100.000.

Oleh karena itu, dia mengaku sangat senang karena dagangannya laku terjual. Selain itu, dia bisa sekaligus melihat serta bersalaman langsung dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Pertama kali

Dalam kunjungannya ke Pasar Kranggan, Jokowi juga membeli sejumlah jajanan pasar, seperti lemper, sawut, dan cucur.

"Totalnya Rp 47.000, tetapi dikasih uang Rp 100.000. Tidak perlu dikembalikan kata beliau," kata Welas, pedagang jajanan pasar.

Baca juga: Senyum Geli Jokowi Saat Gendong Anak Balita Bernama Jokowi di Asmat

Welas dan rekan-rekannya mengaku sangat senang bisa melihat dan bersalaman dengan Presiden Jokowi meskipun harus berdesakan dengan pedagang dan pengunjung yang memadati pasar.

"Ini pertama kali melihat beliau. Saya senang karena Presiden Joko Widodo adalah orang yang sangat sederhana dan baik," kata Suparmi, pedagang bunga di Pasar Kranggan.

Jokowi tak hanya berkeliling pasar dan belanja. Dia juga membagi-bagikan suvenir, seperti kain batik dan buku tulis.

"Kebetulan saya berbelanja ke pasar dan tidak tahunya ada kunjungan Presiden. Ini justru dapat kain batik," kata Tanti Rubiyanti, pengunjung yang mendapatkan dua kain batik dari Presiden Jokowi.

Baca juga: Gagal Dibeli Gibran dan Kaesang, Sneakers Ini Akhirnya Jatuh di Kaki Jokowi (2)

Dalam kunjungan ke Pasar Kranggan, Presiden Jokowi didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

"Beliau membeli barang-barang yang tidak banyak ditemukan di pasar modern," kata Heroe.

Heroe menambahkan, Presiden berpesan agar kondisi pasar tradisional semakin diperbaiki bahkan memberikan lampu hijau untuk pekerjaan revitalisasi sejumlah pasar tradisional pada tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com