Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Keracunan Makanan Tutut di Sukabumi Bertambah Jadi 45 Orang

Kompas.com - 25/07/2018, 05:49 WIB
Budiyanto ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Warga Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang diduga mengalami keracunan makanan penganan tutut menjadi 45 orang.

Korban tersebut berasal dari tiga kampung di dua desa, yaitu Citamiang, dan Sukamanis. Dari 45 orang ini, beberapa di antaranya masih dirawat di empat rumah sakit.

Sebelumnya korban keracunan dilaporkan 17 orang berasal dari Kampung Kebonkawung, Desa Citamiang. Satu di antaranya, Tamrin (17), meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan medis.

"Data dari puskesmas ada 45 orang yang diduga keracunan makanan olahan tutut, satu orang dinyatakan meninggal dunia," kata Kepala Polres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro di RSUD R Syamsudin, Selasa (24/7/2018) malam.

Baca juga: 17 Warga di Sukabumi Keracunan Tutut, 1 Orang Meninggal

Menurut dia warga yang diduga mengalami keracunan makanan tutut ini berasal dari Desa Citamiang dan Sukamanis. Beberapa warga masih menjalani perawatan di empat rumah sakit.

Keempat rumah sakit itu yakni RS Betha Medika dan Klinik Alami di wilayah Kecamatan Cisaat, serta RS Bhayangkara dan RSUD Syamsudin di Kota Sukabumi.

"Malam ini juga kami menyiagakan mobil patroli dan ambulans di dua desa untuk mengevakuasi bila ada warga yang harus dievakuasi ke rumah sakit," ujar dia.

Sebanyak 45 warga yang mengalami keracunan tutut tersebar di Kampung Kebonkawung dan Ciawitali Desa Citamiang sebanyak 27 orang.

Sedangkan di Kampung Kebonkawung Desa Sukamanis sebanyak 18 orang.

Makanan olahan tutut yang dikonsumsi warga itu berasal dari pedagang keliling. Setiap kantong plastik berisi sekitar 20 hingga 30 ekor tutut dijual seharga Rp2.000.

Warga mayoritas membeli makanan olahan tutut pada Minggu (22/7/2018) siang.

Mereka mulai merasakan gejala pusing, mual, hingga buang air besar pada Minggu malamnya. Warga dievakuasi ke rumah sakit pada Senin (23/7/2018) siang hingga malam.

Kompas TV !2 warga keracunan setelah mengonsumsi sop buah buatan sendiri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com