Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Bentuk Majelis Pertimbangan Gubernur

Kompas.com - 24/07/2018, 14:43 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil akan membentuk majelis pertimbangan gubernur.

Tim itu berisi para peserta Pilkada Jabar 2018 dan sejumlah mantan gubernur Jawa Barat.

Ridwan mengatakan, sesuai namanya, tugas tim itu akan memberi pandangan terhadap setiap kebijakan yang akan diambil gubernur.

"Mudah-mudahan Pak Syaikhu, Pak Sudrajat, Pak Hasanudin, Pak Anton, Pak Deddy Mizwar dan Pak Dedi Mulyadi bersama para mantan gubernur seperti Pak Nuryana dan lainnya berkenan bergabung memberikan pandangan sehingga Jabar ini dibangun oleh landasan persatuan yang kokoh," ujar Ridwan di kantor KPU Jabar, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: Langkah Ridwan Kamil Setelah Jadi Gubernur Jabar Terpilih

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, majelis pertimbangan gubernur dibentuk untuk menampung aspirasi para tokoh Jawa Barat serta memberi nasihat terhadap kebijakan gubernur.

"Majelis pertimbangan gubernur itu adalah cara kami untuk merangkul semua yang mencintai Jabar, gagasannya juga bagus-bagus," katanya.

Sebab, hasil Pilkada Jabar 2018, Emil-Uu memeroleh suara 32 persen. Itu artinya ada 68 persen merupakan kelompok tiga paslon kandidat Pilkada Jabar. 

"Tentulah sangat baik kalau semua bergabung dalam rombongan ini. Formatnya adalah lembaga yang memberikan pertimbangan," tuturnya.

"Sehingga ada yang membimbing kami, ada yang memberi nasihat dari mereka yang mencintai dari forum yang kami formalkan," tambahnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar secara resmi menetapkan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar periode 2018-2023.

Baca juga: Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Resmi Jadi Gubernur dan Wagub Jabar Terpilih

Hal itu dilakukan melalui rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar tahun 2018 di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Selasa (24/7/2018). Emil pun mensyukuri keputusan tersebut.

"Perjalanan panjang penuh rintangan, tantangan, pendakian melelahkan. Kami ditakdirkan berpidato di sini menjemput ketetapan Allah kami diberi takdir menjadi gubernur dan wagub jabar," imbuhnya.

"Tentunya, kami ucapkan rasa syukur atas segala nikmat Allah dan kami beristigfar mendapat amanat yang berat. 48 juta rakyat yang harus disejahterakan di 27 daerah. Insya Allah kami wujudkan dalam visi misi 5 tahun," jelasnya.

Kompas TV KPU Jawa Barat menggelar rapat pleno terbuka penghitungan suara tingkat provinsi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com