Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang di Kampung Ramah Anak, Wajib Senyum dan Tak Boleh Sering Main HP (1)

Kompas.com - 24/07/2018, 09:35 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tawa ceria anak-anak mewarnai sepanjang jalan di Kampung Leles RW 18, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Anak-anak tampak membaca buku cerita, memainkan mainan tradisional hingga bermain masak-masakan. Para orangtua pun terlihat mengawasi anak-anaknya yang asyik bermain sembari berinteraksi dengan warga lainnya.

Aktivitas tersebut terlihat setiap sore hari. Jalan di Kampung Leles RW 18, Condongcatur, Depok, Sleman, ditutup untuk kendaraan bermotor dan khusus digunakan sebagai area bermain anak-anak.

Terdapat pula tanah lapang yang sengaja dilengkapi berbagai macam mainan, seperti perosotan dan ayunan sebagai wahana bermain anak.

Sebelum masuk ke kampung ini, pengunjung akan menemukan spanduk berukuran besar bertuliskan "Selamat Datang di RW 18 Ramah Anak, Kawasan Wajib Senyum".

Di spanduk tersebut juga tertulis "Stop Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak". Di tembok -tembok juga terdapat mural bertema tentang hak-hak anak dan perlindungan terhadap anak.

Kampung Leles yang berada di wilayah Kabupaten Sleman ini memang dikenal sebagai kampung ramah anak.

Ketua RW 18 Kampung Leles, Paijan Trisnoharjono, menceritakan, kampung ramah anak ini terbentuk tahun 2015. Kampung ini terbentuk setelah RW 18 mengikuti kegiatan Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT).

"Usai kegiatan itu, warga sepakat dan dengan kesadaran masing-masing ingin meneruskan, menjadikan kampung kami ini ramah anak. Tujuannya untuk melindungi anak dari kekerasan dan kejahatan kepada anak, juga guna memenuhi hak-hak anak," ujar Paijan, Sabtu (14/7/2018).

Bersambung ke halaman dua: Arena bermain, pengganti gawai yang dibatasi

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com