Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg PDI-P, Katon Bagaskara Diharap Dongkrak Suara di Yogyakarta

Kompas.com - 24/07/2018, 07:15 WIB
Caroline Damanik

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengusung penyanyi Katon Bagaskara sebagai calon legislatif DPR RI untuk daerah pemilihan DI Yogyakarta.

Ketua DPD PDI-P DIY, Bambang Praswanto, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pencalonan pelantun lagu fenomenal "Yogyakarta" tersebut melalui Dapil DI Yogyakarta.

Bambang yang juga kembali maju mencalonkan diri mengaku tidak khawatir ketenaran Katon mengganggu perolehan suara bagi dirinya.

Pasalnya, sebagai publik figur yang dikenal oleh kalangan awam, Katon memiliki pangsa pemilih yang berbeda dari calon-calon lainnya.

Baca juga: 3 Alasan Demokrat Jatim Dukung Jokowi untuk Pilpres 2019

Dia justru menilai, kehadiran Katon bisa mendongkrak suara partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Enggak (mengganggu)-lah, pangsanya kan berbeda. Dia (Katon) ada di musik dan anak-anak muda. Pede saja yang penting," ucapnya, Senin (23/7/2018).

Bambang menuturkan, pada Pemilu 2019 mendatang, pihaknya mematok target mengirimkan tiga wakil ke Senayan.

Baca juga: Kemenangan Khofifah di Pilkada Jatim Membawa Simbol Jokowi

Target yang diusung tersebut lebih banyak satu kursi dari capaian PDI-P DIY pada kontestasi sebelumnya.

"Target kami bisa mendapat tiga kursi DPR RI. Optimis, karena DIY ini punya potensi, tinggal kita genjot saja kegiatan yang menarik, serta program-program yang sejalan dengan program Pak Jokowi," pungkasnya.

Katon bakal berada di nomor urut empat, tepat di bawah tiga politisi senior PDI-P, yakni dua calon petahana Idham Samawi dan Esti Wijayati serta Ketua DPD PDI-P DIY, Bambang Praswanto.

Sementara itu, empat nama lainnya yang diusung adalah calon-calon yang berasal atau berdomisili di luar DIY, seperti Marsda TNI (Purn) Benediktus Widjanarko, Sarasjatie Aningkusuma Parmono, Dewi Arum Nawang Wungu, serta Yohannis Hadiyanto Riwukaho.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul 'Nyaleg' DPR RI, Katon Bagaskara Diusung PDIP Melalui Dapil DIY

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com