Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saung Mewah di Lapas Sukamiskin Segera Ditertibkan

Kompas.com - 23/07/2018, 16:19 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Hukum dan HAM segera membongkar fasilitas-fasilitas mewah yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, salah satunya saung mewah di lapas tersebut.

Plh Kalapas Sukamiskin Alfi Zahrin menyebut saat ini pihaknya belum membongkar saung mewah tersebut.

"Masih (ada). Tadi malam kan sudah disampaikan bu Dirjen (Direktur Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami), itu akan disiapkan dulu tempat berkunjung, baru itu akan kami tertibkan karena untuk sementara ini digunakan sebagai tempat kunjungan," katanya di Lapas Sukamiski, Bandung, Jawa Barat, Senin (23/7/2018).

Dia menjelaskan, kedatangannya saat ini ke Lapas Sukamiskin guna melakukan pemantauan sekaligus berkomunikasi dengan para napi tindak pidana korupsi terkait inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM pada Minggu (22/7/2018) malam. 

Baca juga: Dirjen PAS Pimpin Sidak di Lapas Sukamiskin

"Hari ini cuma komunikasi saja dengan beberapa warga binaan," katanya. 

Pihaknya juga saat ini masih melakukan pendataan terkait barang mewah yang ditemukan dalam sidak tersebut. Nantinya barang tersebut akan dikembalikan kepada pihak keluarga.

Seperti diketahui, dalam sidak yang dilakukan Direktur Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami pada Minggu (23/7/2018) sejak pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB, petugas menemukan berbagai barang mulai dari uang, televisi, lemari pendingin, kompor, microwave, ketel panci, spatula, telepon seluler hingga AC. 

Dari seluruh kamar yang disidak, petugas menemukan uang sebesar Rp 102 juta. Jumlah terbesar dari satu kamar yang ditemukan mencapai Rp 5,5 juta milik narapidana bernama Ahmad Kuncoro.

Sementara barang tersebut nantinya akan dikembalikan kepada keluarga, namun apabila tak kunjung diambil maka pihak lapas akan memusnahkannya.

Baca juga: Napi di Sukamiskin Bayar hingga Rp 500 Juta untuk Fasilitas, Dirjen PAS Sebut Luar Biasa

Kompas TV Napi korupsi dan kepala lapas berulah di Lapas Sukamiskin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com