Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plh Kalapas Sukamiskin Cari Alur Masuknya Barang Mewah Ke Ruang Tahanan

Kompas.com - 23/07/2018, 13:57 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menemukan berbagai barang mulai dari uang, televisi, lemari pendingin, kompor, telepon seluler hingga AC dalam kamar tahanan di Lapas Sukamiskin Bandung pada inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Minggu (22/7/2018). 

Plh Kalapas Sukamiskin, Alfi Zahrin memastikan bahwa semua barang tersebut milik tahanan tersebut. "Itu milik mereka," katanya, di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Senin (23/7/2018).

Alfi menegaskan bahwa pihak Lapas Sukamiskin tidak menyediakan barang-barang tersebut. "Ndak ada , fasilitas kita kan standar-standar saja," ucapnya.

Baca juga: Airin Enggan Bicarakan Suaminya yang Sempat Hilang dari Lapas Sukamiskin

Pihaknya mengaku saat ini tengah mendata siapa pemilik barang-barang yang ada di kamar tahanan itu. Nantinya, barang tersebut akan dikembalikan kepada keluarga tahanan. "Lagi dihitung, milik siapa. Nanti disampaikan ke keluarga mau diambil atau enggak," tuturnya.

Disinggung bagaimana barang tersebut bisa masuk ke ruang tahanan, Alfi akan mendalami persoalan itu. "Nanti kita dalami," katanya singkat. 

Pascapenggeledahan yang dilakukan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, terpantau kondisi lapas berjalan normal seperti biasa. 

Baca juga: Tawa Kalapas Sukamiskin dan Menanti Janji Pembenahan Lapas...

Kompas TV Pasca Kemenkumham melakukan sidak serentak di lapas-lapas Indonesia, kondisi pelayanan di Lapas Sukamiskin, Bandung tidak mengalami perubahan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com