Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Artis yang Pernah Berurusan dengan KPK

Kompas.com - 23/07/2018, 08:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SOLO.KOMPAS.com - Sejumlah artis ternama di Indonesia pernah berada di pusaran kasus korupsi. Sebagian terbukti bersalah dan dijebloskan penjara dan sebagian dimintai keterangan dengan status saksi. 

Berikut penelusuran Kompas.com terkait kasus korupsi yang menyangkut sejumlah artis di Indonesia.

Artis Inneke Koesherawati dikerumuni wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Artis Inneke Koesherawati dikerumuni wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.

1. Inneke Koesherawati

Artis cantik yang namanya melambung di era 90-an, Inneke Koesherawati, diamankan KPK di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

Penangkapan Inneke terkait kasus dugaan suap suaminya kepada Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Seperti diketahui, suami Inneke, Fahmi Darmansyah, mendekam sebagai narapidana di Lapas Sukamiskin karena kasus korupsi di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Fahmi yang berstatus tersangka dalam kasus tersebut diduga menyuap Wahid untuk mendapatkan fasilitas khusus.

"Sekitar pukul 00.30 WIB, KPK menuju kediaman IK, istri dari FD, di daerah Menteng. IK diamankan sekitar pukul 01.00 WIB," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu malam.

Sejumlah barang bukti diamankan KPK, berupa uang total Rp 279.920.000 dan 1.410 dolar AS.

Selain itu, ada dua mobil Wahid yang diamankan KPK karena diduga terkait suap, yaitu Mistubishi Triton Exceed berwarna hitam dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar berwarna hitam.

Angelina Sondakh memberikan kesaksian pada sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin, Rabu (6/1/2016).TRIBUNNEWS / HERUDIN Angelina Sondakh memberikan kesaksian pada sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, dengan terdakwa Muhammad Nazaruddin, Rabu (6/1/2016).

2. Angelina Sondakh

Nama Angelina Sondakh muncul pertama kali setelah dirinya dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2001 asal Sulawesi Utara. Parasnya yang cantik membuat nama Angelina Sondakh naik daun. 

Setelah itu, Angelina Sondakh menjajal dunia politik dan meninggalkan gemerlap dunia artis. Angelina bergabung dengan Partai Demokrat dan langsung mendapatkan kepercayaan menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Tahun 2009, karir politiknya menanjak dengan masuk sebagai Anggota Badan Anggaran DPR RI dari Komisi X.

Tugasnya, melakukan legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi anggaran, salah satunya dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com