Macan Dahan Masuk ke Kolong Rumah Warga, BBKSDA Riau Turun Tangan

Kompas.com - 21/07/2018, 15:09 WIB
Macan dahan yang ditangkap dari kolong rumah warga di Inhu, Riau, diamankan di kandang transit BBKSDA Riau, Sabtu (21/7/2018). Kompas.com/dok. BBKSDA Riau Kontributor Pekanbaru, Idon TanjungMacan dahan yang ditangkap dari kolong rumah warga di Inhu, Riau, diamankan di kandang transit BBKSDA Riau, Sabtu (21/7/2018). Kompas.com/dok. BBKSDA Riau

PEKANBARU, KOMPAS.com - Seekor macan dahan masuk ke kolong rumah warga di Kecamatan Rengat, Kabupaten Rengat, Indragiri Hulu (Inhu), Riau, ditangkap petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Satwa dengan nama latin Neofelis diardi itu kini diamankan di kandang transit BBKSDA Riau untuk dilakukan observasi.

Juru bicara BBKSDA Riau Dian Indriati mengatakan, macan dahan salah satu satwa langka dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

" Macan dahan ini ditangkap kemarin, Jumat (20/7/2018) dari kolong rumah warga di Inhu. Penangkapan dilakukan dengan cara memasang perangkap," ucap Dian pada Kompas.com, Sabtu (21/7/2018).


Awalnya, kata dia, sekitar pukul 10.15 WIB tim penyelamat Bidang Wilayah I BBKSDA Riau yang berada di dekat lokasi menerima laporan dari warga terkait macan dahan masuk ke kolong rumah warga.

Baca juga: BKSDA Tangkap Macan Tutul yang Terperangkap Dalam Kandang Unggas Warga

Untuk menuju lokasi, tim berangkat bersama pusat konservasi harimau sumatera (PKHS) untuk mengambil tindakan yang diperlukan demi keselamatan satwa tersebut.

"Pengamanan lokasi serta pengendalian massa adalah langkah awal yang dilakukan tim gabungan. Dalam hal ini juga melibatkan pihak Polsek, Koramil dan Camat Rengat," kata Dian.

Selanjutnya, tim gabungan memantau situasi satwa serta mengantisipasi kepanikan satwa saat dikepung.

"Petugas berupaya menutup kolong rumah agar macan dahannya tidak panik. Kemudian dipasang perangkap," ucap Dian.

Beberapa jam kemudian, macan dahan masih bertahan di kolong dan enggan untuk masuk ke perangkap.

Petugas menghubungi tim bius BBKSDA Riau. Namun tindakan bius akan dilakukan apabila macan dahan gagal dievakuasi menjelang tengah malam.

"Macan dahan akhirnya berhasil dievakuasi sekitar pukul 19.00 WIB. Dia (macan) masuk ke kandang jebakan," kata dia.

Baca juga: Sempat Terjebak di Rumah Warga, Anak Macan Tutul Dilepasliarkan

Setelah diamankan di Kantor Bidang Wilayah I, petugas membawa macan dahan ke kandang transit BBKSDA Riau untuk dilakukan observasi sebelum diambil tindakan konservasi selanjutnya untuk kelestarian satwa langka tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X