Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bangun 2 Pos Lintas Batas Negara di NTT

Kompas.com - 18/07/2018, 23:46 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah pusat akan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon mengatakan, dua PLBN itu rencananya dibangun pada 2019 mendatang.

"Dua PLBN yang akan dibangun tersebut yakni berada di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Desa Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang," ucap Simbolon kepada sejumlah wartawan di Kupang, Rabu (18/7/2018).

Menurut Simbolon, sudah ada skema urutan pekerjaan yang dilakukan terkait pembangunan PLBN di sejumlah titik wilayah Indonesia.

Simbolon menyebut, PLBN di Oepoli dan Napan merupakan dua dari 10 PLBN yang sudah direncanakan untuk dibangun pemerintah dalam tahun 2019 mendatang.

"Setelah dipetakan dari sisi keuangan negara dan kebutuhan atau urgensi, kehadiran PLBN yang terstandarisasi, maka kedua PLBN di NTT tersebut menjadi bagian dari prioritas pemerintah," katanya.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas Negara Motamasin dan Wini di NTT

"Tentunya PLBN Napan dan Oepoli ini diposisikan di urutan kedua setelah yang lebih mendesak untuk dibangun, yaitu PLBN di Kalimantan," sambung Simbolon yang juga saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri.

Hingga saat ini sudah ada tujuh PLBN terstandarisasi yang sudah beroperasi di sejumlah wilayah perbatasan antarnegara di tanah air, termasuk tiganya di NTT.

Kompas TV Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Kapuas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com