Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

305 Hektar Lahan Terbakar, Kapolda Sumsel Ancam Tembak di Tempat

Kompas.com - 18/07/2018, 19:56 WIB
Aji YK Putra,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara turun tangan memadamkan kebakaran lahan di dua desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sejak empat hari lalu.

Zulkarnain mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, pihaknya menemukan kelalaian sebuah perusahaan.

Sebab lokasi kebakaran tidak jauh dari kawasan konsensasi milik perusahaan tersebut yang berada di Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, OKI.

“Sekarang lagi diselidiki, dari pantauan di lapangan tadi terlihat tidak ada tower pemantau. Kalau ada kelalaian langsung kita proses hukum,” ungkap Zulkarnain, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Di OKI, 305 Hektar Lahan Terbakar Hebat

Sementara, lokasi kedua kebakaran di Desa Kayu Lubuk, Kecamatan Pedamaran Timur, OKI, diduga dilakukan oknum warga yang sengaja membuka lahan.

“Saya instruksikan kepada jajaran untuk tembak di tempat, siapapun pelakunya. Sekarang pelaku pembakaran masih kita kejar,” ujar jenderal bintang dua ini.

Selain itu, seluruh jajaran di Polres hingga  Polsek Kabupaten Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin (Muba), telah dikerahkan untuk membantu proses pemadaman serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan. 

Sehingga, tiga jajaran Polres di daerah tersebut dibebastugaskan untuk pengamanan Asian Games di Palembang.

“Tiga wilayah itu difokuskan untuk pemadaman kebakaran, sehingga bisa mengantisipasi sejak dini jika menemukan titik api,” ungkap Zulkarnain.

 

Kompas TV Lebih dari 40 jam berlalu api yang membakar puluhan kapal pencari ikan di Pelabuhan Benoa, Bali belum sepenuhnya padam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com