Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Politik Tanpa Mahar Jadi Alasan Artis Masuk Nasdem

Kompas.com - 18/07/2018, 16:36 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai, politik tanpa mahar yang ditawarkan Partai NasDem menjadi alasan besar para artis terjun ke dunia politik pada Pileg 2019.

Hal itu dikatakan pria yang kerap disapa Emil, mengomentari fenomena maraknya artis tanah air yang masuk dunia politik lewat Partai NasDem.

"Kalau NasDem berhasil menarik (para artis) saya menduga karena NasDem punya konsep tanpa mahar. Jadi siapapun yang mendaftar tanpa mahar pasti dimudahkan urusannya karena belum apa-apa sudah merasa difasilitasi," kata Emil, di Bandung, Rabu (18/7/2018).

Emil yang juga diusung Partai NasDem di Pilkada Jabar tetap memandang baik langkah para artis yang ingin terjun ke dunia politik.

Baca juga: Partai Nasdem Harap Ridwan Kamil Tak Tergoda Bursa Cawapres

"Ya artinya mungkin artis itu sudah merasa waktunya tak lagi hanya untuk mengurus kariernya, tapi mengurusi kemasyarakatan. Dengan punya niat saja harus kita apresiasi," tuturnya.

Namun, Emil mengingatkan angka popularitas tak menjadi jaminan artis dipilih masyarakat. Sebab, dari hasil kajian beberapa lembaga survei, tren artis masuk dunia politik sudah lewat.

"Karena euforia artis itu menurut survei sudah lewat, SMRC atau Indobarometer pernah presentasi itu ke saya," ucapnya.

"Jadi artinya menandakan sekarang itu popularitas penting tapi tidak menjamin karena masyarakat sudah melek demokrasi dia punya kapasitas atau tidak," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com