Ridwan Kamil Sebut Politik Tanpa Mahar Jadi Alasan Artis Masuk Nasdem

Kompas.com - 18/07/2018, 16:36 WIB
Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Rabu (18/7/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIKandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Rabu (18/7/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai, politik tanpa mahar yang ditawarkan Partai NasDem menjadi alasan besar para artis terjun ke dunia politik pada Pileg 2019.

Hal itu dikatakan pria yang kerap disapa Emil, mengomentari fenomena maraknya artis tanah air yang masuk dunia politik lewat Partai NasDem.

"Kalau NasDem berhasil menarik (para artis) saya menduga karena NasDem punya konsep tanpa mahar. Jadi siapapun yang mendaftar tanpa mahar pasti dimudahkan urusannya karena belum apa-apa sudah merasa difasilitasi," kata Emil, di Bandung, Rabu (18/7/2018).

Emil yang juga diusung Partai NasDem di Pilkada Jabar tetap memandang baik langkah para artis yang ingin terjun ke dunia politik.

Baca juga: Partai Nasdem Harap Ridwan Kamil Tak Tergoda Bursa Cawapres

"Ya artinya mungkin artis itu sudah merasa waktunya tak lagi hanya untuk mengurus kariernya, tapi mengurusi kemasyarakatan. Dengan punya niat saja harus kita apresiasi," tuturnya.

Namun, Emil mengingatkan angka popularitas tak menjadi jaminan artis dipilih masyarakat. Sebab, dari hasil kajian beberapa lembaga survei, tren artis masuk dunia politik sudah lewat.

"Karena euforia artis itu menurut survei sudah lewat, SMRC atau Indobarometer pernah presentasi itu ke saya," ucapnya.

"Jadi artinya menandakan sekarang itu popularitas penting tapi tidak menjamin karena masyarakat sudah melek demokrasi dia punya kapasitas atau tidak," jelasnya. 

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X