Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2018, 4 Kapal Ro-Ro Segera Beroperasi di Danau Toba

Kompas.com - 18/07/2018, 11:15 WIB
Caroline Damanik

Editor

MEDAN, KOMPAS.com - Sebuah kapal feri berukuran besar atau yang biasa disebut kapal ro-ro sedang dibuat untuk melayani penyeberangan di Danau Toba, Sumatera Utara.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kapal ini rencananya akan dioperasikan pada akhir 2018 untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Tobasa, menuju Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir.

"Ada empat unit yang akan dibangun. Kapal ini akan beroperasi dari Ajibata ke Ambarita," ujar Rapidin melalui sambungan telepon, Selasa (17/6/2018).

Baca juga: Luhut: Danau Toba Akan Punya Galangan Kapal

Kapal ini adalah kapal yang bisa memuat kendaraan sehingga disebut sebagai kapal roll on-roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal Ro-Ro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki.

Kapal ini merupakan pilihan populer di perairan antara Jawa dengan Sumatera di Merak-Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali.

Baca juga: Putus Tali Kemudi, Kapal Motor Berisi 64 Orang Berhenti di Tengah Danau Toba

Ambarita merupakan nama suatu desa di Kabupaten Samosir yang berdekatan dengan daerah Wisata Tuk-tuk Siadong. Saat ini, pemerintah tengah mempersipakan rancangan untuk membangun pelabuhan besar di desa ini.

Ambarita dipilih sebagai lokasi pembangunan pelabuhan besar untuk kapal Ro-Ro bersandar untuk mengurangi kepadatan di Tomok. Pasalnya, setiap musim liburan, Tomok kerap dilanda kemacetan panjang.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau Dermaga Porsea, Balige, Toba Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara, untuk melihat perkembangan pembuatan kapal penumpang, Jumat (13/7/2018).

“Kami itu mau bikin beberapa kapal. Mungkin ada tiga lagi, jadi empat ya,” kata Luhut seperti dilansir dari situs resmi Kemenko Bidang Kemaritiman.

Baca juga: 7 Hadiah untuk Zohri, Sang Juara Dunia dari NTB

Dia menjelaskan bahwa progres pembuatan kapal sudah bagus, yakni tidak menggunakan kapal kayu, dan bawahnya sudah lebih lebar, tidak ramping seperti kapal sebelumnya yang membuat stabilitas kapalnya tidak bagus.

Pengerjaan kapal dengan kapasitas 280 penumpang ini dilakukan oleh PT Dok Bahari Nusantara.

Kapal Ro-Ro yang sedang dibuat ini ukurannya lebih besar dari Sumut I dan II yang mulai beroperasi tahun 2010 lalu.

Dikutip dari dephub.go.id, dua kapal yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ini masing- masing berkapasitas 40 penumpang dan dapat memuat 6 truk.

Baca juga: 5 Fakta Unik Api Obor Asian Games 2018

Selain kapal penumpang yang bertipe kapal feri tersebut, Luhut memaparkan bahwa pihaknya juga akan melakukan pembuatan kapal-kapal dengan ukuran lebih kecil lagi. Menurut Luhut, ini bertujuan untuk menunjang banyaknya di Bandara Silangit yang semakin meningkat pengunjungnya.

“Yang lebih kecil dari sini kita buat lagi. Tadi kita lagi hitung-hitung, karena di Silangit tiap hari itu sudah daratkan orang sekitar 1300. Jadi sudah banyak banget. Tadi pikiran kita 500 penumpang per hari, sekarang itu sudah 1.300 penumpang,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui akun Facebooknya mengumumkan bahwa Kapal Ro-Ro ini akan duluncurkan ke Danau Toba pada bulan September dan akan bisa beroperasi pada masa Natal Tahun baru 2018.

“Hasil kunjungan Bupati Samosir Rapidin Simbolon pada Sabtu, 14 Juli 2018 ke tempat pembuatan kapal di Parparean Tobasa, kondisi progress pembuatan kapal sudah mencapai 84 persen, Kapal jenis Roro ini berkapasitas 300 GT mampu menampung lebih kurang 30 Kendaraan Roda 4. Direncanakan pada bulan September 2018 akan luncurkan ke Danau Toba dan akan bisa beroperasional pada masa Natal Tahun Baru 2018,” demikian tertulis.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Feri Baru Berukuran Besar di Danau Toba, Layani Penumpang dari Ajibata ke Ambarita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com