Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Kosmetik dari Kulit Kelinci

Kompas.com - 16/07/2018, 13:28 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, membuat inovasi berupa kosmetik berbahan dasar kulit kelinci. Kosmetik itu diberi nama Moisra atau moisturizer from rabbit skin collagen extract.

Terdapat lima mahasiswa yang terlibat dalam inovasi itu, yakni Ema Yorentina, Mifrotul Komariyah, Febrina Eka Rahayu, Chresna Putra Oktaviannanda dan Rizal Wahyu A.

Ema Yorentina mengatakan, kosmetik berupa pelembab berbahan kulit kelinci itu bisa mengatasi masalah kulit kering dan meregenerasi sel-sel kulit yang mati melalui kandungan kolagen di dalamnya.

"Ekstrak kolagen kulit kelinci dapat membantu mengatasi masalah kulit kering dan meregenerasi sel-sel kulit agar lebih lembab dan sehat," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (16/7/2018).

Baca juga: ITS Raih Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2018

Selain itu, kosmetik tersebut diperkaya dengan ekstrak kulit buah apel, ekstrak kulit buah naga dan ekstrak daun teh. Kandungan antioksidan alami di dalamnya mampu efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

"Moisra diperkaya dengan ekstrak kulit buah apel, ekstrak kulit buah naga, dan ekstrak daun teh yang mengandung antioksidan alami sehingga efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas," jelasnya.

Ema mengatakan, pihaknya sudah menguji inovasi itu dan hasilnya dijamin aman.

"Tahap produksi dan pengujian produk dilaksanakan di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya," ungkapnya.

Baca juga: Juara 1 Kontes Robot Nasional,Tim UMM Jajal Kontes Robot di Amerika

Dengan adanya inovasi tersebut, nilai ekonomi yang dihasilkan oleh kulit kelinci bertambah. Sebab, selama ini kulit kelinci hanya dimanfaatkan untuk aksesoris dan untuk membuat kerupuk rambak.

Kompas TV Karya ini mereka buat untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com