Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Caleg Provinsi, Kader NasDem Bali Pakai Topeng Jokowi

Kompas.com - 16/07/2018, 13:13 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Bali secara serempak mendaftarkan calon anggota legislatif tingkat provinsi pada Senin (16/7/2018) di KPU Provinsi Bali.

Sebanyak 55 caleg yang akan tarung di Pileg 2019 mendatang bersama pendukungnya mendatangi KPU Bali dengan mengenakan topeng Jokowi sambil mengayuh sepeda.

Proses dimulai dengan pawai kendaraan dan sepeda dari sekretariat NasDem Bali di Jalan Tukad Batanghari Denpasar.

Kemudian rombongan bergerak menuju KPU Bali dengan urutan miniatur pesawat Jokowi for President 2019, kemudian disusul seniman lokal Petruk, lalu Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa yang membonceng "Jokowi". Lalu diikuti puluhan caleg bersama ratusan pendukung dari 9 kabupaten/kota yang mengenakan topeng Jokowi.

Ketua DPW NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan, seluruh caleg dan pendukung mengenakan topeng Jokowi sebagai pesan politik "Jokowi adalah Kita".

Baca juga: Perindo, Partai Pertama Serahkan Berkas Bakal Caleg di KPU Luwu

Hal ini divisualisasikan dengan kaos yang dikenakan topeng Jokowi, sepeda ontel yang membonceng Jokowi, serta miniatur pesawat Jokowi For President 2019.

"Ini sebagai bentuk komitmen tanpa batas NasDem yang di periode pertama mengusung Jokowi sebagai calon presiden dan sekarang kembali mengusung beliau sebagai calon presiden tahun 2019 mendatang," kata Gunastawa.

Menurutnya, bangsa Indonesia, khususnya caleg NasDem, membutuhkan keteladanan seperti yang ditunjukkan Jokowi. Pekerja keras, sederhana dan dapat menuntaskan sejumlah pekerjaan yang mangkrak dan berjiwa kerakyatan.

Gunastawa juga menekankan bahwa dalam pemilihan presiden dan Pileg 2019, NasDem ingin mengidentikkan diri dengan Jokowi.

Setiap caleg NasDem setidaknya memiliki komitmen yang sama dengan apa yang telah ditunjukkan Jokowi selama lima tahun masa kepemimpinannya.

Legislatif dan eksekutif ibarat dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Kalau spirit caleg sama dengan Jokowi maka qkan mudah mengawal visi Jokowi membangun Indonesia lima tahun ke depan.

Baca juga: Nasdem Usul Cawapres Jokowi Jangan dari Parpol

NasDem Bali memilih sepeda sebagai media transportasi sesuai dengan kesederhanaan Jokowi. Apalagi alat transportasi satu ini sering menjadi bagian dari komunikasi politik Jokowi dengan kuis berhadiah sepeda.

"Walau tidak sempurna tapi Jokowi spesial di mata rakyat. Kami ingin meneladani itu dan bangga dengan apa yang dia lakukan," pungkas Gunastawa.

Kompas TV Presiden Joko Widodo menghadiri acara kuliah umum angkatan kedua, pendidikan akademi bela negara Nasdem di Jakarta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com