Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, Terbanyak Ada di Riau

Kompas.com - 16/07/2018, 05:47 WIB
Citra Indriani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Minggu(15/7/2018), mendeteksi 74 titik hotspot atau titik panas yang tersebar di delapan Provinsi di Wilayah Sumatera.

Sebanyak 16 hotspot atau menjadi titik terbanyak, terpantau di Riau

Memasuki musim kemarau yang terjadi sejak awal Juni 2018, sebaran titik panas di wilayah Sumatera tersebar di delapan provinsi.

Lampung 4 titik, Babel 2 titik, Sumsel 8 titik, Sumut dan Jambi 9 titik, Bengkulu 1 titik, Aceh 11 titik, dan titik hotspot terbanyak terdapat di Riau yakni 16 titik hotspot.

Baca juga: Jokowi: Saya Minta di Rest Area Jualannya Bukan Kentucky, Diganti Sate dan Soto...

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bibin Sulianto mengungkapkan, titik panas terpantau di wilayah Sumatera karena memasuki musim kemarau sejak awal Juni 2018. Ia memperkirakan, titik panas akan terjadi hingga pertengahan September 2018.

Di wilayah Sumatera, Riau menyumbang paling banyak hotspot, yakni 16 titik yang tersebar di enam Kabupaten dan kota.

Meranti dan Kampar sebanyak 1 hotspot, Dumai 2, Rohil 6, Rohul 5, dan Siak 1 hotspot.

Sedangkan level confiden di atas 70 persen atau yang sudah merupakan titik api ada 12 titik.

Namun yang harus diwaspadai atau wilayah yang masih rawan kebakaran hutan dan lahan di Riau terdapat di 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu.

Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Riau diperpanjang Pemerintah Provinsi Riau dari 28 Mei 2018 hingga September 2018.

Baca juga: Dikuburkan, Ratusan Buaya yang Dibantai Warga di Sorong

 

Tim satgas kebakaran hutan dan lahan yang telah dibentuk terus disiagakan di setiap kabupaten dan kota, untuk memadamkan titik api mengantisipasi terjadinya kabut asap di Provinsi Riau.

Selain menyiagakan personel, BNPB juga mengirim 5 helikopter waterbooming dan 1 helikopter patroli untuk memperkuat tim satgas dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Kompas TV Dari Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru, terpantau 8 titik panas di 5 kabupaten dan kota di Riau.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com