Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Konsentrasi di Asian Games, Zohri Minta Tak Dihubungi Dulu

Kompas.com - 14/07/2018, 07:59 WIB
Fitri Rachmawati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Fazilla, kakak dari Lalu Muhammad Zohri, mengatakan, adiknya minta untuk sementara tidak dihubungi dulu karena sedang konsentrasi di Asian Games.

“Dia bilang, kak saya jangan ditelepon dulu sampai Asian Games ini selesai. Saya mau konsentrasi latihan biar bisa lebih baik, begitu katanya. Ya, jadi kemarin malam dah terakhir kami boleh menelepon dia. Dia dak mau repot memikirkan hal lain sementara ini selain Asian Games,” kata Fazilla, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Fazilla, Zohri merasa senang ketika diberitahu bahwa rumahnya di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, terus didatangi banyak orang yang ingin mengucapkan selamat.

Zohri adalah peraih juara dunia dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 untuk nomor 100 meter putra di Finlandia, Rabu (11/7/2018). Dia berhasil mencapai garis akhir dalam waktu 10,18 detik (dengan percepatan angin searah pelari 1,2 meter/detik).

“Semua yang terjadi di sini saya jabarkan ke Zohri. Dia tanya mau apa orang banyak ke rumahnya, saya kasih tahu mereka senang karena kamu juara. Dia terus bersyukur,” kata Fazilla,

Bantuan rumah dan tanah

Keluarga juga sudah mengabari Zohri tentang bantuan dan hadiah yang diberikan kepadanya, mulai dari rencana pemberian tanah hingga rumah keren di Bangsal Regency, yang merupakan bantuan Mendagri.

Baca juga: Zohri, Sang Juara Dunia Lari U-20, Pergi ke Sekolah Telanjang Kaki karena Tak Punya Uang (2)

Sebelumnya sempat ada perdebatan, karena warga tidak mau Zohri pergi jauh dari kampung mereka. Zohri yang merupakan yatim piatu sudah lama menjadi pahlawan bagi warga.

Bupati Lombok Utara Nazmul Ahyar pun menenangkan warga dan mencari solusi terbaik bagi Zohri.

Nazmul mengatakan banyak pihak yang mengapresiasi, membantu, tetapi Pemerintah Lombok Utara tetap akan menyediakan tanah di Telaga Wareng yang lokasinya sangat bagus.

“Dan karena Zohri berkeinginan tetap berada di kampung ini, Insya Allah IPDN yang membawa misi dari Mendagri akan membelikan rumah yang dekat dengan tempat tinggal Zohri di Karang Pangsor, tadi malam awalnya direktur IPDN NTB yang bawa misi dari Mendagri akan menyewakan rumah satu tahun, tapi tadi keputusannya berubah. Alhamdullilah, tak hanya menyewakan, tetapi membelikan, ini kan tambahan rezeki bagi Zohri," kata Nazmul.

Baca juga: Zohri Berpesan agar Rumah Sederhana Milik Keluarganya Tidak Diubah

Nazmul menegaskan semua tetap melaksanakan kewajibannya. Pemda KLU tetap memberikan tanah, PUPR tetap menepati janjinya. Mendagri juga. TNI Polri akan bekerja sama merenovasi rumah lama Zohri dan tak akan mengubah modelnya karena memiliki nilai historis bagi keluarga dan warga di kampung Zohri.

Kompas TV Simak dialognya bersama pelatih lari Zohri, Eni Nuraini dalam Kompas Petang berikut ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com