Kelahiran Dua Ekor Bayi Binturong Menambah Koleksi Bandung Zoo - Kompas.com

Kelahiran Dua Ekor Bayi Binturong Menambah Koleksi Bandung Zoo

Kompas.com - 13/07/2018, 07:33 WIB
salah satu ekor binturong koleksi Bandung zoo.KOMPAS.com/AGIEPERMADI salah satu ekor binturong koleksi Bandung zoo.

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo kini memiliki keluarga baru, yakni telah lahirnya dua ekor binturong dari seekor induk binturong berusia 20 tahunan.

Dua bayi itu masih bersembunyi di balik rimbun dedaunan di kandang binturong, sesekali ia muncul keluar namun belum berani memperlihatkan diri sepenuhnya, butuh kesabaran memang untuk melihat kedua bayi ini keluar.

Dua bayi itu lahir pada 4 juni 2018 lalu, artinya kini keduanya telah berusia lebih dari satu bulan. Petugas mengetahui kelahiran kedua bayi binturong itu saat memeriksa sekaligus memberikan makan induk binturong.

"Sekitar pukul 04.00 Wib, saat itu petugas tengah ngasih makan, di semak-semak terlihat ada dua bayi binturong," kata Kurator Bandung Zoo, Panji Ahmad, di Bandung Zoo, Kota Bandun, Kamis (12/7/2018).

Baca juga: Keluarga Akhirnya Relakan Rizky Meninggal Digigit King Kobra

Namun petugas Bandung Zoo belum dapat memastikan kelamin dari kedua bayi binturong itu lantaran saat ini keduanya masih dalam proses menyusui.

Sementara untuk melihat kelamin binturong petugas harus menangkap dan melihat langsung bayi tersebut, pasalnya sifat protektif induk binturong memang tidak menyukai ada bau tangan manusia pada buah hatinya, di khawatirkan induk binturong bisa tidak mengenali bau bayi yang sudah ditangkap itu.

" Binturong itu kenali individunya dari penciuman," jelasnya..

Untuk itu, petugas harus menunggu tiga hingga enam bulan untuk mengetahui kelamin kedua bayi itu. "Nanti kalau sudah mandiri (bayi binturong) sekitar enam bulan baru bisa diketahui (kelaminnya)," terangnya.

Baca juga: Polisi Terus Kejar Pembunuh dan Pencuri Gading Gajah Bunta

Menurut Panji, ini merupakan kelahiran ketiga induk yang sudah berusia 20an tahun itu. Sebelumnya kelahiran pertama terjadi pada bulan Juli 2017 sebanyak dua ekor, kemudian Desember 2017 induk itu pun melahirkan tiga ekor bayi, dan terakhir ini si induk melahirkan dua ekor bayi binturong tersebut.

"Binturong ini hamil tiga bulan sekali, memang mereka ini binatang yang subur," jelasnya.

Hewan ini pun sehari-harinya memakan buah, namun mereka pun termasuk dua ekor bayi binturong nantinya akan diperkenalkan dengan kuning telur rebus untuk menambah kebutuhan proteinnya.

Total keseluruhan koleksi binturong di Bandung Zoo sendiri kini ada sekira 31 ekor, yang ditampung di tiga kandang.

"Mereka tidak dalam satu keluarga, ada sumbangan, ada yang titipan, ada juga dari BKSDA," katanya.

Baca juga: BBKSDA Riau Selidiki Temuan Jejak Harimau Sumatera di Kebun Karet Warga

Seperti diketahui, Binturong merupakan jenis musang paling besar yang dilindungi berdasarkan undang-undang.

Keistimewaanya, ekor binturong bisa memegang dahan, hal ini tak bisa dilakukan oleh jenis musang lainnya, selain itu Binturong juga dapat mengeluarkan gas berbau pandan yang menandakan keberadaan mereka.

"Ini satwa khas Indonesia bagian barat, ada di Jawa, Kalimantan, Sumatera. Di Asia Selatan juga ada cuman keberadaan mereka enggak banyak. Perkiraan populasi sedunia ada sekitar 10.000 binturong dewasa," paparnya.


Komentar
Close Ads X