Pria Ini Tepergok Curi Uang Kotak Amal untuk Beli Sepatu Anak - Kompas.com

Pria Ini Tepergok Curi Uang Kotak Amal untuk Beli Sepatu Anak

Kompas.com - 13/07/2018, 01:10 WIB
Pelaku pencurian kotak amal di masjid Al Ikhlas Kelurahan Magersari, Kota Magelang, ditangkap warga, Kamis (12/7/2018).KOMPAS.com/IKA FITRIANA Pelaku pencurian kotak amal di masjid Al Ikhlas Kelurahan Magersari, Kota Magelang, ditangkap warga, Kamis (12/7/2018).

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang pria menjadi bulan-bulanan warga setelah kedapatan mencuri uang dari kotak amal di Masjid Al-Ikhlas di Perumahan Tidar, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Tengah, Jawa Tengah, Kamis (12/7/2018).

Beruntung SS (49), pria asal Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, itu segera diamankan aparat Kepolisian Sektor Magelang Tengah.

Kepada polisi, SS mengakui perbuatannya itu lantaran sedang terhimpit ekonomi. Buruh serabutan itu mengaku sedang tidak memiliki uang sementara sang anak merengek minta dibelikan sepatu sekolah baru.

"Saya kepepet, tidak punya uang buat beli sepatu anak. Anak bungsu saya nangis minta sepatu buat sekolah, kemarin baru daftar SMK dan diterima," ujar Slamet di Mapolsek Magelang Selatan, Kamis.

Baca juga: Uang Pesangon Habis, Pria Ini Curi Kotak Amal Masjid di Beberapa Kota

SS mengaku tidak berniat mencuri sama sekali. Kedatangannya di Kota Magelang dari Temanggung adalah untuk berwisata religi (ziarah) ke makam yang ada di Gunung Tidar. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu bulan sekali.

"Saya enggak tahu, habis turun ziarah dari Gunung Tidar sampai bawah berhenti di masjid dan lihat kotak amal di sana sudah awut-awutan. Tiba-tiba kepingin membuka kotak itu, enggak tahunya masih ada uangnya, lalu (uangnya) saya ambil," papar bapak tiga anak ini.

SS menyangkal telah membongkar kotak amal tersebut. Menurutnya, sebelum mengambil uang dia melihat gembok kotak amal sudah terbuka. Begitu juga dengan rantai besi pengikat kotak sudah kendor.

"Saya enggak buka itu, saya lihat (gembok) sudah terbuka. Seandainya itu (kotak) digembok, tidak mungkin saya buka karena saya enggak punya alat," katanya.

Seorang saksi mata yang juga takmir masjid Al Ikhlas, Wisnu Wihadi (64) mengatakan melihat sendiri ulah pelaku saat hendak memeriksa pintu masjid.

"Tadinya saya mau mengecek pintu masjid sudah tertutup atau belum. Sampai di masjid saya lihat pelaku ada di dalam, dekat dengan kotak amal sambil mengambil uang lalu dimasukkan ke baju," ujar Wisnu.

Baca juga: Pemuda Ini Ditemukan Tewas usai Mencuri Kotak Amal di Masjid

"Saya sempat bilang 'heh, ngopo kuwi?' (Heh, ngapain itu?)," ucapnya.

Pelaku yang terkejut mendengar teriakan Wisnu berbegas melarikan diri menuju parkiran samping masjid. Namun warga sudah berada di luar masjid dan langsung menangkap pelaku.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Magelang AKP Nur Saja'ah menerangkan, pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Magelang Selatan untuk penyidikan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan sementara pelaku mengakui perbuatan nekatnya itu demi membeli sepatu sekolah untuk anaknya.

Adapun barang bukti yang diamankan antara lain uang tunai senilai Rp 669.600, kotak amal, kunci gembok, rantai besi, linggis kecil, obeng dan sepeda motor pelaku.

"Pelaku sudah kami amankan, sudah ditahan di mapolsek Magelang selatan untuk proses hukum selanjutnya," ucap Nur.

Kompas TV Terpergok oleh marbot tengah mengambil uang kotak amal seorang pria di keroyok massa hingga meregang nyawa.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X