Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Gelar Syukuran untuk Zohri Sang Juara Dunia Lari

Kompas.com - 12/07/2018, 20:44 WIB
Fitri Rachmawati,
Reni Susanti

Tim Redaksi

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Rasa bangga dan haru dirasakan warga Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Kebahagiaan terutama dirasakan keluarga Muhammad Zohri (18). Zohri berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter U-20, Rabu lalu. 

“Kami merasa bangga dan haru. Tapi semua itu kembali atas kehendak Tuhan. Maka kami wajib menggelar syukuran sederhana di rumah kami,” ujar Fazilla, kakak Zohri, Kamis (7/12/2018).

Bupati Lombok Utara, Nazmul Ahyar ikut dalam syukuran tersebut. Syukuran yang digelar warga Dusun Karang Pangsor ini sederhana, dengan air mineral dan nasi balap atau nasi bungkus.

Baca juga: Zohri, Sang Juara Dunia Lari 100 Meter, Hidup Dalam Kesederhanaan

Sebelumnya, sejumlah staf Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengatakan, bupati tidak akan datang, karena Zohri masih berada di Finlandia.

“Ada banyak kegiatan Pak Bupati di pondok pesantrennya, jadi tidak bisa datang,” tutur seorang staf yang langsung pergi setelah mengambil foto rumah Zohri.

Deddy Mujadid, Plt Kabag Humas Pemkab Lombok Utara pada Kompas.com juga membenarkan Bupati Nazmul Ahyar tidak bisa hadir karena sejumlah kesibukan.

"Namun pemkab akan membuat sambutan khusus saat Zohri pulang nanti” ungkap Dedy.

Tetapi tak berapa lama, tiba-tiba bupati datang dan melihat langsung rumah Zohri. Ia mengaku baru pertama kali datang melihat rumah Zohri.

Baca juga: Tak Punya Sepatu, Zohri Berlatih Atletik Tanpa Alas Kaki

"Ini baru pertama kali kesini dan melihat langsung rumahnya,” imbuhnya.

Nazmul mengatakan, karena prestasi Zohri, rumah atlet lari itu akan diperbaiki. Namun ada kemungkinan lainnya, yakni dibangun di tempat yang berbeda.

Nazmul juga diminta warga memimpin syukuran itu, karena telah datang melihat pahlawan mereka.

Zohri tinggal bersama dua orang kakaknya, Fazilla (28), yang setiap harinya bekerja sebagai juru masak di kawasan wisata Terawangan.

Selain dengan Fazilla, Zohri tinggal bersama kakak laki-lakinya, Lalu Makrib, yang bekerja serabutan.

Baca juga: JEO- Lalu Muhammad Zohri, Debutan Pelari Pengganti yang Jadi Juara Dunia U-20

Kedua orangtua Zohri telah lama meninggal. Sang ibunda, almarhumah Sairiyah meninggal saat Zohri duduk di bangku SMP. Ayahnya, almarhum Lalu Ahmad, meninggal 2017 lalu.

Kompas TV Presiden Jokowi menyebut, kemenangan atlet atletik Lalu Muhammad Zohri turut dirasakan seluruh rakyat indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com