HUT Ke-72 Bhayangkara, Polres Palopo Luncurkan Aplikasi Kring Mobile

Kompas.com - 11/07/2018, 14:28 WIB
HUT Bhayangkara ke-72, Polres Palopo meluncurkan Aplikasi Kring Mobile untuk membantu warga mendapatkan layanan polisi lebih cepat, Rabu (11/7/2018) KOMPAS.com/Amran Amir HUT Bhayangkara ke-72, Polres Palopo meluncurkan Aplikasi Kring Mobile untuk membantu warga mendapatkan layanan polisi lebih cepat, Rabu (11/7/2018)

PALOPO, KOMPAS.com – Kepolisian Polres Kota Palopo, Sulawesi Selatan, meluncurkan aplikasi Kring Mobile Polrs Palopo (KMPP) yang berbasis Android sebagai alat pengaduan, layanan publik, call center, info polisi, tombol darurat dan berbagai menu lainnya.

Aplikasi tersebut diluncurkan dan disaksikan masyarakat dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-72 di lapangan Pancasila.

Kapolres kota Palopo AKBP Taswin mengatakan, aplikasi Kring Mobile memungkinkan warga untuk dapat melaporkan kejadian atau peristiwa yang terjadi di lapangan.

“Aplikasi ini memungkinkan warga melaporkan secara cepat karena bersifat tanggap, cepat dan warga dapat berkomunikasi langsung pada kepolisian polres Palopo dan jajarannya hingga ke tingkat kelurahan, karena sudah disiapkan menu seperti info polisi,” kata AKBP Taswin, Rabu (11/07/2018).

Baca juga: Lihat Warga Ajukan SKTM Pakai Motor 250 Cc, Priyanto Lapor Polisi

Kata dia bahwa aplikasi yang disosialisasikan dihadapan masyarakat dan pemerintah Kota Palopo bahwa aplikasi tersebut sudah dapat diunduh di ponsel cerdas berbasis Android dan IOS.

"Tujuan kami tak lain untuk lebih dekat dengan masyarakat dan mengharapkan masyarakat lebih mudah menghubungi polisi, terutama dalam hal kejadian di lapangan dan pengaduan masyarakat, itu sesuai dengan visi misi kepolisian yang profesional dan modern " ujarnya.

Aplikasi ini sudah diujicoba dan dijalankan selama setahun dan hasilnya cukup bagus. Dengan aplikasi ini Polres Palopo bisa cepat menindaklanjuti laporan warga, misal mengamankan balapan liar serta ganguan keamanan lain di sembilan kecamatan di Palopo. 

Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Aziz mengatakan, seluruh jajaran kepolisian yang terkoneksi dengan aplikasi ini sudah selalu siap siaga untuk melakukan penanganan.

“Jadi dengan aplikasi itu, masyarakat bisa terbantu untuk melakukan pengaduan atau meminta pertolongan dari pihak kepolisian, semoga kedepan kota Palopo semakin aman terkendali dengan hadirnya aplikasi Kring Mobile,” paparnya.

Baca juga: Keluarga Yakin Rizky Belum Meninggal karena King Kobra, Tubuhnya Diletakkan di Halaman Rumah

Kompas TV Tidak hanya proses izin yang dilakukan secara online, peran digital juga sudah merambah ke sektor pertanian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X