Pilkada Kalbar, Pasangan Karolin-Gidot Ucapkan Selamat pada Sutarmidji-Ria Norsan - Kompas.com

Pilkada Kalbar, Pasangan Karolin-Gidot Ucapkan Selamat pada Sutarmidji-Ria Norsan

Kompas.com - 09/07/2018, 15:35 WIB
Calon Gubernur Kalbar, Sutarmidji (kedua kiri) bersama istri memperlihatkan jari kelingking bertinta biru usai pencoblosan Pilgub Kalbar di TPS 006, Kelurahan Sungai Beliung, Pontianak, Rabu (27/6/2018). Pilgub Kalbar 2018 diikuti tiga pasangan calon dan digelar di 14 kabupaten/kota se-Kalbar, memperebutkan 3.436.127 suara. 





Walikota Tangerang Arier R Wismansyah (kiri) beserta istri menunjukkan surat suara sesaat sebelum melakukan pencoblosan pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang di TPS 7 Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (27/6). Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang hanya diikuti calon tunggal yakni pasangan Arief R Wismansyah dan Sachrudin, selain di Kota Tangerang calon tunggal juga terjadi di Kabupaten Tangerang dan Lebak yang kesemua ada di Provinsi Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama/18ANTARA FOTO/SHERAVIM Calon Gubernur Kalbar, Sutarmidji (kedua kiri) bersama istri memperlihatkan jari kelingking bertinta biru usai pencoblosan Pilgub Kalbar di TPS 006, Kelurahan Sungai Beliung, Pontianak, Rabu (27/6/2018). Pilgub Kalbar 2018 diikuti tiga pasangan calon dan digelar di 14 kabupaten/kota se-Kalbar, memperebutkan 3.436.127 suara. Walikota Tangerang Arier R Wismansyah (kiri) beserta istri menunjukkan surat suara sesaat sebelum melakukan pencoblosan pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang di TPS 7 Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (27/6). Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang hanya diikuti calon tunggal yakni pasangan Arief R Wismansyah dan Sachrudin, selain di Kota Tangerang calon tunggal juga terjadi di Kabupaten Tangerang dan Lebak yang kesemua ada di Provinsi Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama/18

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot menyampaikan ucapan selamat kepada Sutarmidji-Ria Norsan seusai pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Kalbar, Minggu (8/7/2018).

"Saya ucapkan selamat atas kemenangan bapak Sutarmidji dan bapak Ria Norsan sebagai gubernur dan wakil gubernur dan akan memimpin Kalbar lima tahun ke depan," ujar Karolin di Pontianak, Senin (9/7/2018).

Karolin yang juga sebagai Bupati Landak itupun mengapresiasi pelaksanaan pilkada yang dinilainya mampu berjalan tanpa merusak persatuan dan kesatuan masyarakat Kalbar.

"Kami sangat bangga dengan masyarakat Kalbar yang mampu mendukung pelaksanaan Pilkada Kalbar, sehingga berjalan aman dan kondusif," tutur Karolin.

Baca juga: Kampanye di Sambas, Karolin Berjoget dengan Emak-emak di Panggung

Senada dengan Karolin, Suryadman Gidot juga meminta masyarakat bersatu serta mendukung kinerja pemerintahan daerah yang terpilih lima tahun ke depan.

"Kita harus bersatu membangun Kalbar hebat," ujar Gidot.

"Kami juga meminta para pendukung kami untuk bersatu dan mendukung gubernur dan wakil gubernur terpilih," tambahnya.

Dalam pleno, pasangan calon nomor urut 3, Sutarmidji-Ria Norsan mendapat suara terbanyak dengan 1.334.512 suara atau 51,56 persen.

Kemudian pasangan nomor urut 2, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot mendapat 1.081.878 suara atau 41,40 persen.

Baca juga: Rekapitulasi KPU, Sutarmidji-Ria Norsan Unggul di Pilkada Kalbar

Posisi terakhir pasangan Milton Crosby-Boyman Harun (Milton-Boy) memeroleh 172.151 suara atau 6,65 persen.

Jumlah suara sah sebanyak 2.588.541, dan suara tidak sah sebanyak 54.933. Total keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 2.643.474.

Dalam Pilkada Kalbar 2018, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan diusung Partai Golkar, Nasdem, PKB, PKS, dan Hanura.

Kemudian pasangan Karolin-Gidot diusung PDI Perjuangan, Demokrat, dan PKPI. Sedangkan pasangan Milton-Boyman diusung Gerindra dan PAN.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X