Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalapas Pekanbaru: Penembakan Diduga Teror Pelaku Narkoba

Kompas.com - 09/07/2018, 10:32 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Pekanbaru, Riau Yulius Sahruza menyebut kasus penembakan Lapas Pekanbaru merupakan sebuah aksi teror.

"Ini adalah teror. Besar kemungkinan teror pelaku narkoba," ujar Yulius saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (9/7/2018).

Menurut dia, apabila petugas yang sedang berjaga melihat pelaku melakukan penembakan, kemungkinan besar pelaku akan menyerang petugas.

Namun, saat kejadian tidak ada satu orang pun yang terlihat petugas di pinggir jalan depan Lapas. Situasi juga sepi kala itu.

"Kita tidak tahu apakah pelaku menggunakan kendaraan atau jalan kaki. Ini yang belum tahu," ujar Yulius.

Baca juga: Penembakan Lapas Pekanbaru, Petugas Periksa Rekaman Kamera CCTV

Masih menurut dia, teror ini terjadi diduga karena hitungan jam sebelumnya dilakukan penangkapan terhadap satu orang pelaku penyelundup sabu-sabu ke dalam lapas.

"Pelaku berinisial FA, koki kantin Lapas. Yang bersangkutan ini mendapat titipan paket narkoba dari pelaku lain. Kemudian diselundupkan dua paket ke dalam roti untuk diantar kepada salah satu narapidana dalam Lapas," kata Yulius.

Kendati demikian, pihaknya bersama kepolisian masih menyelidiki keterkaitan penembakan dengan penangkapan kurir sabu tersebut.

"Ini kan masih dugaan. Diselidiki dulu untuk memastikan," ujar Yulius.

Terkait penembakan ini, Yulius menekankan kepada seluruh jajaran agar tidak takut menghadapi ancaman pelaku teror narkoba.

Baca juga: Sebelum Terjadi Penembakan, Koki Kantin Lapas Pekanbaru Ditangkap karena Selundupkan Sabu

Karena menurut dia, para pelaku bandar-bandar narkoba terganggu dengan pengamanan ketat yang dilakukan Lapas saat ini.

"Kita jangan takut diteror pelaku narkoba. Ini kita lakukan sebagai upaya memerangi narkoba," pinta tegas Yulius.

Dia menambahkan, pasca penembakan Lapas Pekanbaru pengamanan lebih diperketat.

"Pengamanan kita tingkatkan diseluruh kawasan Lapas," tandas Yulius.

Sebelumnya, Lapas Pekanbaru di Jalan Kapling Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, ditembaki orang tidak dikenal, Minggu (8/7/2018) dinihari pukul 03.00 WIB.

Tembakan membabi buta itu mengenai gerai pelayanan publik Lapas Pekanbaru. Setidaknya ditemukan ada 5 tembakan terdapat di dinding, kaca, plafon dan jendela.

Buktinya ditembak menggunakan senjata api (senpi), pihak kepolisian menemukan 2 selongsong amunisi dan sejumlah pecahan timah panas.

Baca juga: Penembakan Lapas Pekanbaru, Polisi Sebut Dua Kemungkinan Penyebabnya

Kompas TV LP kelas IIA Pekanbaru, Riau ditembak orang tidak dikenal. Polisi menemukan selongsong dan proyektil peluru di lokasi kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com