Penembakan Lapas Pekanbaru, Petugas Periksa Rekaman Kamera CCTV

Kompas.com - 08/07/2018, 23:29 WIB
Ilustrasi penembakan. ShutterstockIlustrasi penembakan.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pihak Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas II A Pekanbaru, Riau, melakukan pemeriksaan rekaman kamera CCTV setelah terjadi penembakan di lapas tersebut.

"Ada dua CCTV di luar sudah kita periksa, tetapi tidak ada kamera yang mengarah ke halaman depan (lokasi kejadian), cuma mengarah ke pintu masuk," kata Kepala Lapas Pekanbaru Yulius Sahruza saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/7/2018).

Selain itu, pihak lapas akan memeriksa rekaman kamera CCTV yang ada di toko-toko depan lapas untuk menyelidiki penembakan yang diduga dilakukan orang tak dikenal tersebut.

Sejauh ini, kata Yulius, belum ditemukan petunjuk mengenai pelaku penembakan.

Pihaknya juga sedang mendalami keterkaitan penembakan dengan penangkapan satu orang penyelundupan sabu-sabu ke dalam Lapas Pekanbaru.

"Sore hari sebelumnya memang ditangkap satu orang pelaku penyelundup narkoba ke dalam Lapas, tetapi ada atau tidak kaitannya sedang diselidiki," kata Yulius.

Baca juga: Sebelum Terjadi Penembakan, Koki Kantin Lapas Pekanbaru Ditangkap karena Selundupkan Sabu

Selain itu, pihak lapas mendalami ada tidaknya kaitan peristiwa itu dengan pemindahan satu orang narapidana dari Lapas Kelas II B Rengat ke Lapas Pekanbaru dua hari sebelumnya.

"Napi yang dipindahkan ini kasus narkoba berinisial A. Tahun 2014 yang bersangkutan pernah membebaskan diri dari Lapas Rengat dengan cara melawan petugas. Namun, hal ini juga masih didalami," ucap Yulius.

Untuk mengungkap kasus penembakan tersebut, pihak Lapas Pekanbaru bekerja sama dengan petugas Polresta Pekanbaru dan petugas Polsek Bukit Raya.

16 petugas berjaga

Kalapas Pekanbaru Yulius menyampaikan, pada saat terjadinya penembakan beruntun, ada 16 petugas sedang berjaga. Namun, tidak ada petugas yang berada di luar Lapas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X